Purwakarta (Antara Megapolitan) - Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa Bangsa memasukkan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sebagai calon penerima anugerah penghargaan daerah paling tolerans di Indonesia, kata Ketua Komnas HAM Imdadun Rahmat, Sabtu.

"Sebelumnya kami mengedarkan surat tentang kebebasan agama dan berkeyakinan. Purwakarta ternyata sudah menjalankan surat edaran tentang kebebasan beragama dan berkeyakinan tersebut dengan baik sesuai koridor konstitusi," katanya, saat berkunjung ke Purwakarta.

Ia menilai, Purwakarta memiliki komitmen nyata bukan hanya dalam peraturan, tetapi sudah melaksanakan peraturan itu dalam bentuk perlindungan atas kebebasan beragama dan berkeyakinan bagi kaum minoritas maupun minoritas di daerahnya.

Menurut dia, Jawa Barat termasuk daerah paling intolerans. Tetapi justru di daerah paling intolerans itu ada Purwakarta yang menjadi daerah paling tolerans di Indonesia.

Imdadun menyatakan, di Purwakarta tidak pernah ada pembubaran upacara peribadatan yang melibatkan kaum minoritas ataupun mayoritas. Sehingga wajar jika Purwakarta menjadi daerah percontohan bagi perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan di Indonesia.

"Saya kira Purwakarta menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk beragama dan berkeyakinan," kata dia.

Ia mengajak untuk melakukan efektivitas kerja sama dan kemitraan yang telah dibangun antara Komnas HAM dengan Pemkab Purwakarta.

Imdadun juga menyarankan agar setiap kepala daerah tidak berdiam diri ketika menghadapi apapun bentuk gerakan intolerans yang menyerang daerahnya.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016