Sukabumi (Antara Megapolitan) - Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Sukabumi mempromosikan objek wisata yang dimiliki Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ke dunia untuk menarik kedatangan wisatawan mancanegara.

"Kabupaten Sukabumi mempunyai banyak objek wisata yang tidak kalah dengan negara lain, bahkan bisa dikatakan terlengkap dan terindah di dunia seperti salah satunya objek wisata Geopark Ciletuh," kata Humas HPI Kabupaten Sukabumi, Atep Maulana kepada Antara di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, di era globalisasi dan pesatnya kemajuan teknologi informasi dimanfaatkan oleh HPI untuk mempromosikan segala macam objek wisata yang dimiliki daerah ini mulai tempat wisata gunung, rimbah, laut, sungai dan lain-lain.

Dengan promosi tersebut, pihaknya optimis bahwa tujuan wisata di Indonesia tidak hanya Bali saja, tetapi Kabupaten Sukabumi juga mempunyai tempat wisata yang tidak kalah menarik.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiakan guide atau pramuwisata yang siap membantu para turis dari dalam maupun luar negeri untuk mengantar ke setiap objek yang diinginkan dengan pelayanan ramah bersahaja.

"Kami tidak mempunyai target berapa jumlah wisatawan mancanegara yang bisa didatangkan, tetapi dengan promosi baik melalui dunia maya maupun interaksi langsung dengan wisman kami yakin akan wisatawan asing akan penasaran datang ke Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Atep mengatakan promosi wisata ini akan gencar dilakukan, karena dengan semakin banyaknya wisman yang datang tidak hanya bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) saja, tetapi ekonomi warga sekitar lokasi pun bisa terangkat.

Untuk itu, setiap pramuwisata yang ada diharapkan bisa membuat wisatawan khususnya wisman menjadi kangen dan teringat selalu akan keindahan objek wisata serta keramah tamahan warga.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaen Sukabumi, Ahmad Riyadi menambahkan pramuwisata atau guide harus menjadi ujung tombak dalam mempromosikan objek wisata di Kabupaten Sukabumi.

Apalagi saat ini daerah tersebut mempunyai objek wisata alam yang berkelas dunia seperti Geopark Ciletuh yang dipastikan akan menambah ketertarikan wisman untuk datang ke Indonesia.

"Sekarang bagaimana caranya pramuwisata bisa menyajikan dan melayani setiap wisman yang datang, sehingga promosi terjadi dengan sendirinya," tambahnya.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016