Direktur Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) Padang Wicaksono menyatakan kesiapannya untuk mencetak tenaga terampil dalam berbagai disiplin ilmu termasuk dalam bidang kesehatan.

"Vokasi UI sebagai institusi pendidikan vokasional yang memiliki program studi di bidang kesehatan terapan, seperti Administrasi Rumah Sakit, Fisioterapi, dan Terapi Okupasi, sangat sadar dengan peningkatan kebutuhan SDM yang terampil di industri kesehatan," kata Padang Wicaksono dalam keterangannya,Selasa.

Untuk itu Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama dengan PT Medialoka Pendidikan Pelatihan dalam bidang pendidikan dan berbagai program lainnya, untuk mencetak lulusan siap kerja.

Baca juga: Vokasi UI berikan pemeriksaan fisik gratis bagi lansia di Kepulauan Seribu

"Melalui kerja sama antara Vokasi UI dengan PT Medikaloka Pendidikan Pelatihan, kita dapat berkolaborasi dan mewujudkan paradigma link and match antara sektor pendidikan selaku pencetak SDM dan sektor industri, dalam hal ini institusi kesehatan, selaku pengguna SDM," katanya.

Dunia kesehatan yang semakin berkembang, memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang tidak sekadar terampil, tetapi juga memiliki wawasan dan pengetahuan luas terutama pada bidang manajemen medik.

Kerja sama yang akan dibangun antara Vokasi UI dan PT Medikaloka Pendidikan Pelatihan tidak hanya berfokus pada pendidikan saja, melainkan juga program lainnya, seperti pengembangan kurikulum bersama, kuliah umum, magang, praktik klinik, dan lain-lain.

Baca juga: Vokasi UI edukasi masyarakat Tanjong Timur pantau pertumbuhan anak guna cegah stunting

Selain itu, program magang mahasiswa yang menjadi ruang lingkup utama kerja sama tersebut, akan terus berkembang mengingat saat ini RSU Hermina telah memiliki 44 cabang di Indonesia.

Pemenuhan tenaga kesehatan, khususnya terapi okupasi, sangat dibutuhkan untuk layanan klinik tumbuh kembang anak (KTKA) di beberapa rumah sakit. Selain itu, kebutuhan SDM yang juga dibutuhkan adalah profesi terapi wicara dan tenaga ahli teknisi alat kesehatan.

Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk dr. Hasmoro, Sp.An, KIC, MHA, MM. mengatakan saat ini, kami sedang mempersiapkan peresmian Institut Kesehatan Hermina yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Baca juga: Prodi Administrasi Asuransi-Aktuaria Vokasi UI terima penghargaan AAMAI

"Maka dari itu, kami juga berharap agar kerja sama yang dibangun dengan Vokasi UI dapat berkontribusi terhadap pembangunan institusi pendidikan kami. Tidak hanya para mahasiswa, melainkan juga ilmu-ilmu yang diberikan para dosen Vokasi UI sangat kami terima," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022