Personel bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (bhabinkamtibmas) bersama bintara pembina desa (babinsa) blusukan ke sejumlah permukiman atau perkampungan warga di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).
 
Kolaborasi antara anggota TNI dan Polri ini seperti yang dilaksanakan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Warudoyong dan Babinsa Koramil Warudoyong dengan menyambangi warga Jalan Saniin, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.
 
"Kunjungan yang dilakukan personel TNI dan Polri ini untuk memastikan kondisi keamanan di masyarakat hingga tingkat rukun tetangga (RT) sekaligus lebih mendekatkan diri dengan warga," kata Kapolsek Warudoyong Kompol Budi Setiana di Sukabumi, Minggu.
 
Baca juga: Akhir pekan, polisi perketat peredaran miras cegah gangguan kamtibmas
 
Menurut Budi, kegiatan bersama dengan TNI ini dinilai efektif untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk memudahkan pihaknya menyerap informasi dari masyarakat baik kejadian kasus kriminal, gangguan keamanan, bencana dan lainnya sehingga bisa dengan cepat ditanggulangi.
 
Upaya preemtif ini juga bertujuan untuk memantau perkembangan situasi kamtibmas khususnya di wilayah Kecamatan Warudoyong. Dalam kunjungannya personel bhabinkamtibmas dan babinsa ini juga memberikan edukasi kepada warga untuk menjaga kamtibmas di daerahnya masing-masing, kemudian berani melapor jika mencurigai adanya hal yang mencurigakan baik penyalahgunaan narkoba maupun dugaan terorisme.
 
Selain itu, warga pun diminta untuk tidak segan meminta tolong atau menghubungi anggota bhabinkamtibmas maupun babinsa jika membutuhkan sesuatu seperti evakuasi warga yang sakit atau hendak melahirkan ke rumah sakit dan lainnya.
 
Baca juga: Polres Sukabumi Kota tingkatkan patroli wilahah rawan kamtibmas
 
"Kunjungan anggota TNI dan Polri ke permukiman masyarakat ini sebagai wujud nyata bahwa kami selalu ada di tengah warga untuk melayani dan melindungi," tambahnya.
 
Sementara, Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin mengatakan kolaborasi antara personel bhabinkamtibmas dan babinsa untuk blusukan ke perkampungan atau permukiman warga ini merupakan sinergitas antara TNI dengan Polri.
 
Ia pun sudah menginstruksikan kepada seluruh anggota bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota agar setiap harinya menyambangi warga untuk menyerap berbagai perkembangan informasi dan hasil kunjungannya itu di laporkan ke pimpinannya.
 
Baca juga: Polisi Sukabumi Sita Knalpot Bising
 
Bahkan kunjungan seperti ini juga dilakukan oleh Zainal dengan datang langsung ke lokasi seperti bersilaturahmi dengan warga Pasar Pelita Kota Sukabumi untuk mengetahui perkembangan kondisi kamtibmas, harga dan persediaan kebutuhan pokok serta informasi lainnya.
 
"Dengan seringnya bersilaturahmi, warga tidak akan kaku kepada kita dan tentunya akan lebih mudah dan cepat menerima informasi dari masyarakat," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022