Bogor (Antara Megapolitan) - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor, Jawa Barat berupaya untuk meningkatkan peran fungsi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk menangkal lajunya informasi di era keterbukaan informasi publik dengan penyebaran informasi sehat kepada masyarakat.

"KIM memiliki peran strategis membantu tugas Pemkab Bogor dalam menyebarluaskan informasi sehat di tengah derasnya laju keterbukaan informasi saat ini," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor Wawan Munawar Sidik, di Cibinong, Minggu.

Wawan mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan peran KIM dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat mulai dari kota hingga pelosok desa, Diskominfo memiliki program KIM Award.

"KIM Award diberikan kepada KIM terbaik yang setiap tahun kita selenggarakan," katanya.

Ia mengatakan, KIM adalah perpanjang tangan dari Pemerintah Kabupaten Bogor dalam penyebarluasan informasi publik di masyarkaat. KIM terbentuk di setiap kecamatan.

Menurutnya, kebutuhan informasi sudah menjadi hak bagi masyarakat, sekaligus menjadi bahan evaluasi pemerintah apakah program yang dilaksanakan sampai ke masyarakat.

"KIM hendaknya dapat menjadi agen informasi sehat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bogor," katanya.

Dari hasil evaluasi dan pemantauan yang dilakukan Diskominfo, pemberian KIM Award terbaik 2016 jatuh kepada Kecamatan Caringin, Megamendung, Ciawi, dan Tenjolaya.

"Keempat KIM kecamatan ini menjadi KIM terbaik tingkat Kabupaten Bogor tahun 2016 ini," katanya.

Pemberian penghargaan ini, lanjut Wawan, bertujuan untuk meningkatkan prestasi maupun motivasi KIM sebagai agen informasi yang berkualitas. Kader KIM yang terbentuk diharapkan berperan aktif dan mempertahankan prestasi yang sudah diraih.

"KIM harus proaktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat yang membutuhkan informasi yang sehat," katanya.

Hanibal selaku Ketua KIM Mutiar Hati Kecamatan Tenjolaya mengatakan, penghargaan bagi KIM terbaik sebagai bentuk tanggung jawab besar bagi para agen informasi untuk mempertahankan prestasi yang sudah diraih dan meningkatkannya.

"KIM memiliki tugas untuk yang optimal untuk menyebarluaskan berbagai informasi inovasi, sehat dan bermanfaat," katanya.

Menurut Hanibal, penghargaan KIM terbaik menjadi motivasi para kader untuk terus berupaya melatih diri menjadi yang terbaik. Dengan meningkatkan perannya, mengaktifkan gerakan di masyarakat desa untuk mampu membentengi diri dari berbagai informasi negatif yang dapat merugikan masyarakat.

"Informasi yang sehat mendorong masyarakat yang berkualitas," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016