Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok, Jawa Barat,  mengembangkan budidaya ikan hias lokal, yaitu ikan bala shark, yang didatangkan langsung dari habitatnya di Sumatera Selatan.

Kepala UPTD BBI Kota Depok Nur Hidayat, di Depok, Kamis, mengatakan minggu lalu pihaknya menerima ikan bala shark langsung dari habitatnya yaitu Danau Cala di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, dengan jumlah 144 ekor.

Dikatakannya ikan bala shark itu akan menjadi calon indukan. Saat ini ikan tersebut masih dalam proses domestikasi.

Baca juga: Pemkot Depok siap lakukan pengembangan budidaya komoditas ikan lokal

"Domestikasi merupakan pengadopsian tumbuhan maupun hewan dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan sehari-hari manusia. Jadi saat ini sedang penyesuaian, karena ikan tersebut ditangkap dari alam liar," jelas Nur Hidayat.

Selain dalam masa penyesuaian, kata Nur, ikan-ikan itu juga sedang dalam masa observasi. Rencananya, akhir tahun akan dimulai suntik pemijahan.

Selain ikan hias BBI Kota Depok juga menghasilkan 200 ribu benih ikan konsumsi per tahun untuk disalurkan kepada masyarakat dalam upaya mendukung program ketahanan pangan.

Baca juga: Depok berencana kembangkan ikan hias Bala Shark
Baca juga: Pontens Bisnisi Ikan Hias Depok Tinggi

Nur Hidayat mengatakan penyediaan ikan konsumsi seperti nila berasal dari penangkaran di Sukabumi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Nila dari Wanayasa Purwakarta, dan gurame lokal dari daerah Ciseeng, Bogor.

"Untuk tempat kami memiliki luas area 2 hektare dan terdapat 60 kolam yaitu terdiri dari tanah, semi permanen, dan permanen. Untuk kolam tanah buat indukan, dan semi permanen untuk pemisahan," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022