Sochi, Rusia (Antara Megapolitan) - Presiden Joko Widodo diagendakan bertolak dari Bandara Adler, Sochi, Rusia sekitar pukul 17.00 waktu setempat (21.00 WIB) untuk kembali ke Tanah Air mengakhiri kunjungan kerja setelah menghadiri KTT ASEAN-Rusia.

Menurut pantauan Antara di Sochi pada Jumat sore, Presiden menumpang pesawat kepresidenan Indonesia Satu bersama sejumlah pejabat negara antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki.

Presiden dan rombongan akan singgah di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab selama sekitar 2 jam.

Perjalanan dari Sochi menuju Abu Dhabi akan memakan waktu selama sekitar 4 jam.

Kemudian dari Abu Dhabi menuju Jakarta akan memakan waktu selama kurang lebih 8 jam.

Rombongan presiden dijadwalkan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada sekitar pukul 11.30 WIB.

Presiden Jokowi telah melakukan lawatan ke luar negeri selama 7 hari. Sebelum berkunjung ke Rusia, Presiden melakukan kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan.

Di Korea, Presiden melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Park Geun-hye membicarakan potensi peningkatan kerjasama di bidang ekspor buah dari Indonesia serta kerjasama pertahanan dan keamanan termasuk pertukaran informasi pemberantasan korupsi.

Sementara di Rusia, Jokowi juga melakukan pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin dan berdiskusi mengenai peningkatan dan keringanan ekspor minyak sawit dari Indonesia ke Negeri Beruang Merah.

Dalam lawatannya, Presiden juga menerima kunjungan kehormatan dari sejumlah pengusaha baik asal Korsel maupun Rusia di negara masing-masing yang bertujuan untuk meningkatkan investasi dan bisnis di Indonesia guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi. (Ant). 

Pewarta: Bayu Prasetyo

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016