Sebanyak 307 calon anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) tingkat kecamatan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengikuti ujian seleksi berbasis komputer atau computer assisted test (CAT), di SMP Negeri 1 Purwakarta, Sabtu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purwakarta, Ujang Abidin, di Purwakarta, Sabtu menyampaikan kalau tes seleksi panwaslu tingkat kecamatan di daerahnya dibagi menjadi enam sesi.

Lima sesi digelar pada Jumat (14/10) dan satu sesi lagi digelar pada Sabtu ini. Seleksinya digelar dipusatkan SMP Negeri 1 Purwakarta.

Baca juga: KPU Purwakarta Tetapkan Bupati-Wabup Purwakarta Terpilih

Menurut dia, sebenarnya warga yang mendaftar seleksi panwaslu tingkat kecamatan di Purwakarta mencapai 311 orang.

Namun yang lolos persyaratan administrasi ada 307 orang. Sehingga tes CAT diikuti oleh 307 orang yang sebelumnya telah dinyatakan lolos syarat administrasi.

Ia menyampaikan, melalui ujian CAT, nantinya akan ditentukan enam besar untuk selanjutnya menjalani tes wawancara.

Baca juga: Massa desak Panwaslu usut dugaan pelanggaran Pilkada

Sementara untuk kebutuhan panwaslu tingkat kecamatan sebanyak tiga orang di masing-masing kecamatan. Jadi, dari 307 orang yang mengikuti seleksi, yang akan diterima menjadi anggota panwaslu kecamatan hanya 51 orang.

Dalam ujian CAT Panwaslu tingkat kecamatan, para peserta disajikan 100 soal pilihan ganda, dan diberikan waktu selama 90 menit.

Ujang Abidin mengapresiasi animo dari para peserta yang siap menjadi bagian dari pengawas Pemilu serentak tahun 2024.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022