Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar Lomba Modifikasi Kebaya Modern/Klasik Berbahan Batik Tahun 2022 di Cibinong, Bogor, Selasa.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat membuka kegiatan tersebut menyebutkan bahwa perlombaan itu dilaksanakan untuk mempertahankan budaya batik dan kebaya, serta menduniakan batik sebagai budaya asli lokal bangsa Indonesia. 

"Ini kegiatan yang inovatif, untuk menyosialisasikan pentingnya menjaga dan mempertahankan tradisi batik dan kebaya agar budaya batik ini bisa terus mendunia," kata Iwan.

Ia mengatakan bahwa TP-PKK Kabupaten Bogor harus menjadi garda terdepan dalam menggerakkan kegiatan inovatif dan kegiatan sosial. Menurutnya, Lomba Modifikasi Kebaya Modern/Klasik Berbahan Batik, sebagai sarana untuk mempertahankan tradisi batik dan tradisi kebaya yang merupakan ciri khas Indonesia. 

Sementara, Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, Halimatusadiyah Iwan di tempat yang sama menyebutkan, lomba tersebut merupakan salah satu upaya TP-PKK Kabupaten Bogor untuk mendorong masyarakat Kabupaten Bogor lebih mencintai produk lokal batik.

Kemudian, ia berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan, serta membudayakan perilaku berbusana sesuai moral bangsa Indonesia. Melalui perlombaan ini juga menurutnya dapat memberikan keteladanan kepada masyarakat untuk lebih mencintai produksi dalam negeri. 

"Kami perlu terus melakukan inovasi, dengan kegiatan ini kami ingin tingkatkan keterampilan masyarakat. Tidak hanya keterampilan kreativitas juga keterampilan memasarkan, juga untuk meningkatkan perekonomian keluarga," kata Halima.

Ia menyebutkan bahwa peserta yang mewakili kecamatan masing-masing ini akan diseleksi sesuai hasil karyanya. Kemudian, pemenangnya akan kembali berkompetisi di tingkat provinsi.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022