Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Pemerintah Provinsi Lampung menggelar rapat Perencanaan Pengadaan Tanah Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang Provinsi Lampung di, Bandarlampung, Selasa (03/05/2016).

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Lampung Bayana menjelaskan, Asisten Bidang Ekbang Adeham ketika memimpin rapat menjelaskan, bahwa pembangunan jalan tol bermanfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional terutama bidang industri, pertanian, pariwisata, dan lain sebagainya.

Dengan Pembangunan jalan tol dapat mengusahakan biaya operasional kendaraan menjadi rendah, jarak tempuh menjadi dekat dan mendorong terwujudnya keseimbangan antar-daerah, sehingga tercapainya kemakmuran bangsa.

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol Lampung Paling Cepat.

Pembangunan jalan tol tahap 1, yakni Terbanggi Besar - Bakauheni meliputi Kabupaten Pesawaran dan Lampung Tengah sepanjang 35,71 Km dan Kabupaten Lampung Selatan sepanjang 104,7 Km.

Sedangkan Pembangunan tol Tahap 2, yakni Terbanggi Besar - Pematang Panggang rencananya akan dibangun sepanjang 108,6 Km.

"Rapat ini guna melakukan koordinasi terkait tahap pengadaan tanah untuk Pembangunan jalan tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang, dimana tahapannya meliputi perencanaan, persiapan penetapan lokasi, pelaksanaan dan penyerahan hasil sehingga pengadaan tanah dapat berjalan baik dan lancar," jelasnya.

Daya Dukung Wilayah

Pada kesempatan yang sama, Asisten Bidang Pemerintahan Rifki Wirawan menjelaskan bahwa Memperkuat Daya Dukung dan Konektivitas Wilayah merupakan salah satu program prioritas yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Rifki menjelaskan lebih lanjut, jalan tol yang pembangunannya diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada 30 April 2015 lalu diharapkan dapat mewujukan pemerataan pembangunan, pengembangan wilayah untuk kesejahteraan dan kemakmuran serta meningkatkan pelayanan distribusi barang untuk pertumbuhan ekonomi.

"Ini merupakan Komitmen Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo yang perlu didukung oleh berbagai stakeholder terkait, sehingga apa yang diharapkan bersama dapat terwujud," ujarnya.

Kabag Humas Biro Humas Pemprov Lampung Heriyansyah menambahkan, dalam rapat ini turut hadir Perwakilan BPN, serta sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (Rls/MTh).

Pewarta: Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016