Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terpilih sebagai salah satu dari 10 pimpinan lembaga dan menteri paling berpengaruh pada pemerintahan Presiden Joko Widodo karena dinilai memiliki kinerja baik.

Pilihan tersebut berdasarkan hasil survei dari Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bekerja sama dengan Indonesian Publik Institute (IPI), dan Indonesian Club (IC) bertajuk "Tokoh Paling Berpengaruh Selama Semester I Tahun 2022 Pemerintahan Joko Widodo Menurut Pandangan Kelas Menengah".

Peneliti LPI Febri Wahyuni Sabran, saat menyampaikan paparannya yang dikutip dari keterangannya, Minggu, mengatakan, berdasarkan jawaban dari responden yakni kelas menengah intelektual, menilai Budi Karya Sumadi adalah figur yang patut diapresiasi kinerja dan kepemimpinannya.

Menurut dia, dari survei tersebut responden menilai Budi Karya kuat dalam indikator pengaruh melakukan perubahan dan meningkatkan kinerja Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Erick Thohir dinilai tokoh terbaik dalam pandangan kelas menengah

Dalam pengamatan dan penilaian responden, kata Febri, peran dan kiprah Budi Karya dapat diandalkan dalam menjalankan program pemerintah dan kebijakan Presiden Jokowi di sektor infrastruktur transportasi atau perhubungan. 

Responden, kata dia, menilai skala pembangunan berbasis pada pemenuhan proyek prioritas nasional dan prioritas strategis nasional perlahan tapi pasti telah direalisasikan secara bertahap. 

Febri menjelaskan, secara umum kebijakan infrastruktur transportasi pada 2022 diarahkan untuk mewujudkan konektivitas nasional dan efisiensi logistik dan meningkatkan kinerja pelayanan pada semua moda transportasi umum, serta meningkatkan keselamatan transportasi sebagai upaya menuju "zero accident".

Menurut dia, survei dilakukan sejak 30 Agustus sampai 12 September 2022 terhadap kelas menengah intelektual, yang terdiri dari para dosen/pakar, peneliti, anggota LSM/NGO dan aktivis/seniman di 34 provinsi. 

Baca juga: Panglima TNI terpilih menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh

Survei ini bermaksud mengukur pandangan kelas menengah intelektual terhadap kinerja 45 pimpinan lembaga negara dan para menteri  dalam Kabinet Indonesia Maju selama semester I Tahun 2022. 

"Lima hal yang diukur dalam survei ini adalah popularitas, pengaruh, kontroversial, keunikan, relevansi, dan kontribusi pemikiran," katanya.

Metoda yang digunakan, kata dia, adalah purpose sampling di mana subyek yang dituju sebagai sampel memiliki kriteria khusus seperti profesi dan bidang keilmuan. Jumlah responden 800 orang dengan "margin of error sebesar" 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Direktur IPI, Karyono Wibowo menilai pandangan kelas menengah intelektual Indonesia terhadap kinerja Budi Karya adalah rasional.

“Perombakan pelabuhan, penguatan infrastruktur bandara, tol laut, dan sebagainya, merupakan contoh kerja nyata yang dilakukan Budi Karya sebagai Menteri Perhubungan," katanya.

Baca juga: Hasil Survei LPI: Budi Gunawan tokoh paling berpengaruh

Sebanyak 10 tokoh paling berpengaruh di antara para menteri dan kepala lembaga negara (dinilai dengan skor pada kisaran 0 hingga 4) yakni:

Kepala BIN Budi Gunawan dengan skor 2,39, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dengan skor 2,38, Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo (2,38), Menko Polhukam Mahfud MD (2,38), Menteri BUMN Erick Thohir (2,38).

Kemudian, Menteri Parekraf Sandiaga Uno (2,35), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono(2,35), Menteri Keuangan Sri Mulyani (2,34), Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (2,33), dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (2,32).

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022