Bekasi (Antara Megapolitan) - Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat, akan memusatkan kegiatan aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh 1 Mei 2016 di Alun-Alun Margahayu, Kecamatan Bekasi Selatan.

"Peringatan May Day di Kota Bekasi akan difokuskan hanya di Alun-alun Kota Bekasi," kata Kasat Lantas Polresta Bekasi Kota Kompol Bayu Pratama di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, aksi tersebut dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB dan selesai paling lama hingga pukul 17.00 WIB.

Jadwal tersebut, kata dia, telah melalui kesepakatan bersama dengan para pimpinan serikat buruh di Kota Bekasi.

Menurut Bayu, kesepakatan itu dibuat agar aksi peringatan May Day tak mengganggu aktivitas masyarakat setempat.

"Apalagi agenda ini akan berbarengan dengan Hari Bebas Kendaraan yang digelar rutin setiap Minggu pagi," katanya.

Bayu memperkirakan, sejumlah ruas jalan di kawasan protokol Kota Bekasi akan mengalami kemacetan pada Minggu (1/5) pagi.

"Akan ada penumpukan arus lalu lintas di sekitar Jalan Veteran, Bekasi Selatan dan Jalan Pramuka, Bekasi Timur yang mengitari Alun-alun," katanya.

Pengalihan arus lalu lintas diperkirakan akan terpusat di sepanjang jalan tersebut dari arah Ahmad Yani maupun sebaliknya.

"Baik warga yang mau ke arah Barat, Utara dan Timur diperkirakan akan menggunakan jalan tersebut, ditambah buruh pun akan bersiap melakukan aksi di jalan tersebut, maka diprediksi arus lalu lintas akan terpusat di sana," katanya.

Bayu mengaku akan menerjunkan sekitar 1.800 personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub beserta Satol PP untuk mengamankan seluruh simpul jalan di Kota Bekasi.

"Bahkan, di titik krusial pengamanan bakal dipertebal dengan memperbanyak personel seperti di pintu masuk Jalan Tol dan pusat pemerintahan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016