Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran gedung Kemendes PDTT pada Rabu (14/9) malam.

Kebakaran tersebut diketahui terjadi sekitar pukul 21.36 WIB dan menghanguskan ruangan lantai IV seluas 35 M2 di Gedung Utama Kemendes PDTT.

"Sempat ada dua pegawai yang sempat terjebak di lantai tujuh, Alhamdulillah bisa diselamatkan dengan kondisi baik oleh teman-teman pemadam kebakaran," ujar Mendes PDTT dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: DRRC UI: Pedoman pemetaan risiko kebakaran DKI Jakarta sangat penting
Baca juga: Kebakaran melalap 20 rumah semi permanen di Cengkareng

Akibat musibah itu, kerugian ditaksir kurang lebih mencapai Rp1,5 miliar. Mendes PDTT akan mengevaluasi secara menyeluruh agar kejadian kebakaran tidak terjadi lagi dan dapat diantisipasi.

"Alhamdulillah selamat, kalau bahasa Jawanya belahi selamat. Cuma kita ingin tahu betul apa penyebab kebakaran itu supaya menjadi bagian dari introspeksi kita, kalau misalnya listrik kenapa, nanti kita akan ada evaluasi kondisinya," tutur Gus Halim, demikian ia biasa disapa.

Baca juga: DRRC UI-Gulkarmat Jakarta luncurkan buku pedoman pemetaan risiko kebakaran

Ia mengatakan, pegawai yang tempat kerjanya terkena dampak, untuk sementara dipindahkan ke gedung lainnya agar tetap bisa melaksanakan tugas-tugasnya meskipun minimalis.

Ia menyampaikan, kejadian kebakaran ini masih dalam penyidikan kepolisian. Ruangan yang mengalami kebakaran tersebut sudah dipasang police line.

Pewarta: Zubi Mahrofi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022