Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat memperkenalkan beragam jenis kuliner khas Karawang kepada masyarakat melalui kegiatan pameran kuliner bertajuk Resinda Food Festival.

"Kegiatan kuliner khas Karawang ini berlangsung empat hari, mulai dari 15-18 September 2022," kata Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, disela kegiatan kuliner khas Karawang, Kamis.

Beragam kuliner khas Karawang disajikan dalam kegiatan tersebut. Di antaranya Sangtau, Soto Tangkar, Bandeng Gepuk, Pepes Ikan Jambal, Bubur Ayam Cilamaya, Sorabi Hijau dan sejumlah aneka kuliner olahan tutut.

Menurut wabup, kuliner Karawang itu kaya akan cita rasa. Seperti Sangtau atau sangu tahu (nasi dan tahu bumbu), makanan ini bisa menjadi pilihan untuk disantap kapan saja. Baik untuk sarapan, makan siang hingga makan malam.

"Perpaduan nasi panas dengan tahu yang dilumuri bumbu kacang dan racikan rempah-rempah, membuat Sangtau ini bisa dinikmati kapan saja," kata dia.

Kemudian Soto Tangkar Karawang yang menyajikan daging Iga sapi yang dilengkapi dengan kulit dan daging bagian kaki sapi, serta terdapat potongan urat sapi muda, yang saat dikunyah, terasa kenyal dan renyah.

Cita rasa Soto Tangkar Karawang semakin kuat dengan kuah yang gurih dengan rempah-rempah.

Menurut wabup, selain makanan berat, kuliner khas Karawang juga ada sorabi hijau. Camilan manis ini sangat melegenda di kalangan masyarakat.

Makanan berwarna hijau pandan ini juga semakin nikmat dengan tambahan kuah gula merah dengan rasa original atau dengan aroma durian.

Baca juga: Sekda: Destinasi wisata kuliner berpotensi dikembangkan di Karawang
Baca juga: Makanan khas Karawang akan dikenalkan di hotel dan restoran

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022