Panitia pelaksana Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat menunjuk Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah bersama kejuaraan olahraga yang bakal berlangsung 12-19 November 2022 setelah beberapa daerah yang ditunjuk tidak menjadi tuan rumah.

"Setelah melihat venue Kabupaten Bekasi, saya bisa akumulasikan kesiapan sudah di atas 85 persen," kata Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi KONI Jawa Barat Yunyun Yudiana di Cikarang, Sabtu.

Menurut dia, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, pihaknya menetapkan Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah setidaknya untuk lima cabang olahraga yakni sepatu roda, panahan, tenis lapangan, bulutangkis, dan tarung drajat.

Baca juga: Raker KONI Kabupaten Bogor bahas persiapan Porprov Jabar XIV 2022

"Sementara fix lima cabang, secara umum kesiapan venue untuk empat cabang olahraga ini sudah 95 persen. Tinggal lapangan tenis saja yang ditarget siap sebulan ini," katanya menambahkan.

Yunyun menilai Kabupaten Bekasi memungkinkan untuk penambahan jumlah cabang olahraga terlebih pemerintah daerah setempat juga telah menyatakan siap menjadi tuan rumah untuk cabang lain.

"Memang sampai saat ini ada beberapa cabang olahraga yang masih ragu akan dipertandingkan dimana setelah tuan rumah yang sudah ditetapkan kemarin menyatakan belum siap sehingga kami harus segera mencari pengganti venue pertandingan," katanya menjelaskan.

Baca juga: KONI Bekasi targetkan 200 medali emas pada Porprov 2022 (video)

Hingga saat ini kesiapan tuan rumah Porprov Jabar 2022 yakni Kabupaten Subang, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Bandung Barat sudah mencapai 80 persen meski sejumlah cabang olahraga harus dipindahkan ke daerah lain karena tuan rumah tidak siap.

"Tugas kami memastikan seluruh cabang olahraga tetap dapat dipertandingkan meski harus di daerah lain, termasuk Kabupaten Bekasi ini," katanya menegaskan.

Pelaksana tugas Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi Henri Lincoln menyatakan pihaknya siap membantu menyukseskan penyelenggaraan Porprov XIV Jabar 2022.

"Apabila masih ada cabang olahraga yang belum siap secara sarana prasarana, kami siap menjadi tuan rumahnya, demi kesuksesan Porprov mendatang. Cabang renang misalnya karena kami memiliki fasilitas yang sangat representatif," katanya.

Baca juga: Tim Voli Bekasi lolos babak kualifikasi Porprov XIV Jabar 2022

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan menyatakan lokasi pertandingan untuk lima cabang olahraga yang diminta panitia pelaksana sudah disiapkan secara matang bahkan untuk sepatu roda telah disiapkan di tiga lokasi berbeda.

Komplek Stadion Wibawa Mukti direncanakan mempertandingkan nomor skateboard, sedangkan nomor speed dan freestyle di Sirkuit Grand Wisata Tambun, dan nomor marathon di Jalan Raya Kabupaten Bekasi.

Pihak KONI juga mengaku siap menjadi tuan rumah untuk dua cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan pada ajang Porprov Jabar mendatang yakni Kurash dan Sambo, termasuk cabang aquatik dan cabang lain yang semula akan dipertandingkan di Kabupaten Bandung Barat.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022