Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan membagikan bantuan "set top box" (STB) atau alat pendukung siaran televisi digital sebagai pengganti tv analog di wilayah pelosok Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Peralihan ini harus kita ikuti, Alhamdulilah hari ini saya launching bantuan alat set top box (STB)," kata Iwan di Cijeruk, Bogor, Rabu.

Menurutnya, seiring perkembangan teknologi digital, perlu kesiapan semua pihak untuk menyukseskan peralihan TV analog ke TV digital, salah satunya melalui program bantuan STB gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Baca juga: Pemkab Bogor bantu Kemenkominfo salurkan STB untuk siaran tv digital
Baca juga: Pemkab Bogor catat 144.232 calon penerima STB pengganti tv analog

"Jadi masyarakat bisa nonton Persikabo, juga bisa nonton Aldebaran dengan jernih," kata Iwan berkelakar

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) Kabupaten Bogor Bayu Rahmawanto mencatat pada tahap satu pembagian Kabupaten Bogor mendapat kuota 144.232 calon penerima STB. Alat set top box itu merupakan subsidi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan sasaran masyarakat tidak mampu.

Bayu menerangkan, pihaknya kini sedang melakukan verifikasi faktual terkait data-data penerima STB tersebut. Kata dia, prioritas penerima pada tahap satu ini adalah masyarakat sangat miskin.

Pasalnya, satu unit STB tv digital yang telah tersertifikasi Kominfo di banderol mulai Rp150 ribu hingga Rp300 ribu-an, tergantung merek dan fitur yang ditawarkan oleh masing-masing produsen.

Baca juga: Kominfo nyatakan kebutuhan set top box tahap pertama sudah terpenuhi

Bayu menjelaskan, analog switch off (ASO) di Kabupaten Bogor mulai diberlakukan pada akhir Agustus 2022.

"Iya jadi supaya masyarakat bisa menikmati siaran digital maka diberikan subsidi STB itu," tutur Bayu.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022