Pemkab Cianjur, Jawa Barat, mengembangkan sayur mayur yang selama masih dipasok dari luar seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai di tiga kecamatan sebagai upaya meningkatkan perekonomian lokal.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Jabar, Selasa, mengatakan selama ini pasokan cabai dan bawang masih dari luar seperti Jawa Tengah dan Bandung, sehingga sulit mengendalikan harganya.

"Selama ini, bawang putih dan bawang merah dipasok dari luar, sedangkan pengembangan yang dilakukan di Kecamatan Cijati untuk bawang merah, Kecamatan Cugenang untuk bawang putih dan pengembangan cabai di Kecamatan Cikadu dengan hasil yang cukup tinggi dan kualitas premium," katanya.

Baca juga: BMKG latih petani Cianjur kuasai informasi iklim
Baca juga: Bulog Cianjur Sulit Serap Beras Petani Lokal

Upaya pengembangan berbagai komoditas itu menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan menciptakan pertanian cepat dengan hasil melimpah yang melibatkan kaum muda atau milenial.

Program petani milenial di bawah pendampingan tim ahli dinas dan IPB, akhirnya menarik perhatian kaum muda di berbagai kecamatan dengan hasil yang menjanjikan dibandingkan bekerja sebagai buruh pabrik

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022