Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memperbaiki sejumlah akses jalan di wilayah perbatasan daerah itu untuk menunjang aktivitas perekonomian warga di masa pemulihan imbas pandemi COVID-19.

"Sesuai instruksi Pak Pj Bupati Bekasi terkait percepatan pembangunan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, kami terus melakukan perbaikan akses jalan, termasuk di wilayah perbatasan," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, Iwan Ridwan di Cikarang, Sabtu.

Dia mengatakan salah satu kegiatan yang dimaksud adalah perbaikan jalan secara masif di wilayah selatan Kabupaten Bekasi yakni Kecamatan Cibarusah yang menjadi akses penghubung warga menuju Kabupaten Bogor dan Kabupaten Karawang.

Dirinya meyakini perbaikan jalan di ruas wilayah itu mampu menghidupkan sektor perekonomian masyarakat setempat khususnya yang bersumber dari sektor pariwisata, ekonomi kreatif, hingga sektor industri.

"Di wilayah selatan seperti diketahui banyak spot wisata yang berpotensi jika digarap secara optimal, pelaku UMKM juga sangat aktif, juga menjadi lintasan utama menuju sejumlah kawasan industri bagi para pekerja pabrik," ucapnya.

Iwan mengaku perbaikan infrastruktur ini bersumber dari beberapa mata anggaran baik anggaran pemerintah provinsi untuk pelebaran Jalan Cikarang-Cibarusah maupun pemerintah daerah melalui hasil musyawarah perencanaan pembangunan tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

Ia mengajak segenap unsur masyarakat untuk bersama-sama memantau pelaksanaan pekerjaan perbaikan jalan yang sedang dilakukan sehingga hasilnya bisa sesuai dengan ketentuan spesifikasi serta kualitas jalan.

"Kami juga mengajak masyarakat agar jalan yang sudah diperbaiki nanti agar dijaga dan dipelihara supaya tidak cepat rusak dan dapat digunakan dalam waktu lama," katanya.

Baca juga: Warga Bekasi memerbaiki kerusakan jalan secara swadaya
Baca juga: Pemkab Bekasi perbaiki Jalan Kalimalang jelang mudik Lebaran 2022

Camat Cibarusah Muhamad Kurnaepi mengatakan ada beberapa titik pengerjaan perbaikan jalan di wilayahnya yang sedang berlangsung di antaranya jalan batas Desa Sirnajati menuju Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor.

"Kalau untuk perbaikan berupa pengaspalan jalan utama Desa Cibarusah Kota menuju perbatasan Kecamatan Jonggol serta Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang alhamdulillah sudah terselesaikan," ucapnya.

Selain itu ada pula pekerjaan betonisasi di Jalan Cigutul, Desa Wibawamulya yang kondisinya memang sudah relatif memprihatinkan padahal ruas jalan ini bisa menjadi alternatif menuju Kabupaten Karawang serta pusat industri.

"Ini salah satu akses jalan yang paling strategis juga karena jalan ini merupakan alternatif menuju ke kawasan industri dan komplek perkantoran Pemkab Bekasi yang sering digunakan oleh masyarakat," katanya.

Perbaikan jalan serupa dilakukan di ruas sisi depan dan samping Desa Ridogalih. Pemkab Bekasi juga melakukan pembangunan jalan lingkungan di wilayah Kecamatan Cibarusah.

"Yang lebih penting lagi adalah pembangunan jalan lingkungan yang dilakukan oleh pemerintah daerah di Kampung Putat Desa Ridogalih, di mana jalan ini akan sangat penting untuk menunjang aktivitas ekonomi masyarakat di sana," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022