Sukabumi (Antara Megapolitan) - Sebanyak 12 SMA/sederajat baik negeri maupun swasta di Kota Sukabumi, Jawa Barat, akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Memang ada peningkatan jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK pada tahun 2016, karena pada 2015 lalu hanya satu sekolah saja yang melakukan UN dengan sistem komputerisasi," kata Seketaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Mulyono di Sukabumi, Kamis.

Sebanyak 44 sekolah tingkat SMA/sederajat lainnya masih melaksanakan UN berbasis kertas dengan rincian, SMA negeri dan swasta sebanyak 12 sekolah, MA negeri dan swasta sembilan sekolah dan SMK negeri dan swasta 23 sekolah.

Setiap sekolah yang melaksanakan UNBK tersebut sudah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan saat pelaksanaannya nanti.

Selain itu, untuk pelajar yang akan melaksanakan UN dilakukan "try out" untuk mengetahui sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi yang akan diujiankan khususnya mereka yang mengisi jawaban UN dengan sistem komputerisasi.

Persiapan pelaksanaan UN di Kota Sukabumi sudah mencapai 90 persen mulai dari ruang kelas yang akan digunakan sampai kesiapan pelajar.

"Saat ini kami hanya tinggal menunggu kedatangan naskah UN dari percetakan di Bekasi, Jabar yang informasinya akan tiba di gudang penyimpanan pada Jumat (1/4) pagi," tambahnya.

Di sisi lain, untuk antisipasi adanya hal yang tidak diinginkan seperti kebocoran soal UN, pihaknya juga melibatkan aparat penegak hukum dari Polres Sukabumi Kota dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi untuk mengamankan gudang tempat penyimpanan soal UN.

Bahkan pihak sekolah yang akan mengambil soal UN juga didampingi oleh aparat keamanan.

"Kami optimis pelaksanaan UN tahun ini tidak akan terjadi permasalahan dan seluruh pelajar yang melaksanakannya bisa lulus 100 persen," kata Mulyono.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016