Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Pemerintah Provinsi Lampung menerima penghargaan inovasi pelayanan publik tingkat provinsi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, di Jatim Expo Surabaya, Kamis (31/03/16).

Karo Humas dan Protokol Pemprov Lampung Bayana di Bandarlampung Kamis menjelaskan, penghargaan diberikan kepada kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang telah melakukan inovasi dalam pelayanan publik.

Provinsi Lampung sendiri masuk dalam 12 besar kategori Provinsi. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi.

Bayana menjelaskan lebih lanjut, bertindak mewakili Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo adalah Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana.

Dalam pengantarnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menjelaskan. penghargaan yang diterima kali ini dikhususkan pada bidang kesehatan.

Provinsi Lampung telah dinilai baik dalam melakukan pelayanan kesehatan melalui Rumah Sakit Keliling (Mobile Clinic). "Nantinya Rumah Sakit Keliling ini dapat diperuntukkan bagi daerah otonomi baru yang belum memiliki RSUD serta menjangkau daerah-daerah terpencil yang masyarakatnya membutuhkan bantuan medis," ujar Reihana.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung ini menambhakan, "Inovasi Rumah Sakit Keliling ini sendiri terdiri atas 5 (lima) unit kendaraan, dengan rincian dua Unit diperuntukkan untuk pemeriksaan umum, tindakan operasi, THT, kebidanan, pemeriksaan anak, penyakit dalam, selain terdiri atas ruang pemeriksaan dan tindakan operasi unit ini juga dilengkapi dengan Laboratorium serta Bank Darah.

"Unit kendaraan lainnya, yakni satu mobil radiologi, satu mobil recovery (i care unit) atau mini ICU yang diperuntukkan sebagai ruang pemulihan pasca operasi, dan terakhir satu unit kendaraan operasional angkutan tenaga medis yang diperuntukkan bagi para dokter spesialis dan juru rawat," paparnya.

Bersaing Pelayanan Terbaik

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Lampung, Haris Fadillah mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada pemerintah Provinsi Lampung ini merupakan apresiasi pemerintah pusat atas upaya Pemrov Lampung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Lampung.

Haris Fadillah menambahkan bahwa pemerintah Provinsi Lampung terus melakukan upaya-upaya nyata dalam memberikan inovasi pelayan bagi publik.

"Penghargaan ini juga diharapkan mampu memberikan motivasi kepada SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, bahwa kita bisa bersaing dengan Provinsi lainnya di Indonesia dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Provinsi Lampung." tutupnya.

Kabag Humas Biro Humas Setda Provinsi Lampung Heriyansyah menambahkan, dalam acara yang digelar di Jatim Expo Surabaya ini, selain dilakukan penyerahan penghargaan diadakan juga Simposium, Gelar pameran inovasi dari total 99 penerima penghargaan yang terdiri atas kementerian, lembaga negara, pemerintah provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia, serta diadakan juga peluncuran buku Top 99 Inovasi Pelayanan Publik yang dibuat menjadi dua bahasa.

Hadir dalam acara itu Menteri PAN-RB Republik Indonesia Yuddy Chrisnandi, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Mantan Menteri PAN-RB Kabinet Indonesia Bersatu Azwar Abu Bakar, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Mirawati Sudjono, serta para perwakilan penerima penghargaan kementerian, lembaga negara, pemerintah provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia.(Rls).

Pewarta: Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016