Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila (FEB-UP) melaksanakan penandatangan nota kesepahaman bersama yang tertuang Memorandum Of Agreement (MOA) dengan SMK Negeri 3 Depok yang ditandangani Dekan FEB-UP Dr. Ir. Iha Haryani Hatta, SE.,MM dan Kepala Sekolah SMKN 3 Depok, Drs. Samsuri, MM.

Penandatangan kerja sama tersebut merupakan perwujudan kesepakatan kerjasama FEB-UP dan SMKN 3 Depok dalam meningkatkan dan pengembangan sumber daya, yang meliputi ; bidang Pendidikan, Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
 
"Kami pihak sekolah sangat bangga dan menyambut baik, FEB-UP selaku Institusi perguruan tinggi terbaik di Jakarta Selatan telah memilih dan memberi kesempatan kepada SMK Negeri 3 Depok untuk mengikat kerja sama yang sangat bermanfaat dan semoga kerja sama yang tertuang dalam  penandatangan MoA ini dapat mendorong kemajuan SMK Negeri 3 Depok lebih cepat lagi," kata Samsuri di Depok, Jumat.
Faklutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila ketika melakukan pengabdian kepada masyarakat di SMKN 3 Depok. (ANTARA/Foto: Humas UP)


Baca juga: UP jalin kerja sama riset dengan University of California Berkeley

Ketua Program Studi Manajemen FEB–UP Dr. Nurudin Subhan, MM yang mewakili pimpinan FEB mengatakan penandatanganan kesepakatan bersama yang telah dilakukan ini, merupakan perwujudan tri dharma perguruan tinggi bagi kami yang harus terus ditingkatkan terutama dalam berkolaborasi dengan lembaga pendidikan menengah dalam hal ini sekolah-sekolah yang menjadi mitra FEB-UP, khusus dalam pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, juga dilaksanakan kegiatan pengabdian oleh tim PKM Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), yang terdiri dari : Widyaningsih Azizah, SE.,M.Sc.,Ak.,CA., Widyawati, SE.,M.Acc., Ade Wahyudi, S.Psi, MM., Sri Irviati Wahyoeni, SE.,MM dan Indra Ade Irawan, SE.,MM.  Dalam kesempatan pengabdian kepada masyarakat kali ini diperuntukan bagi siswa-siswi calon wirausahawan muda di lingkungan SMKN 3 Depok Jawa,  dengan mengambil tema “ Pengembangan ide dan konsep bisnis bagi calon wirausahawan muda “. 

Baca juga: Fakultas Psikologi UP dan FISIP Unibraw kerja sama pendidikan, penelitian dan pengmas

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Pancasila ini sangat lah sejalan  dengan program yang telah dilakukan oleh pihak sekolah, SMKN 3 Depok yang saat ini merupakan model sekolah pencetak wirasusaha muda (SPW), dimana dalam meningkatkan mutu pendidikan dan proses pembinaan siswa-siswi nya disiapkan dalam menghadapi tantangan masa kini dan masa depan.

Tim pengabdian masyarakat FEB UP dalam kegiatan tersebut, memberikan pembekalan kepada siswa-siswai SMKN 3 Depok terkait bagaimana caranya menemukan ide bisnis, membuat konsep bisnis dan pengembangan ide dan konsep bisnis tersebut melalui bisnis model canvas (BMC). Membuat ide dan konsep bisnis sangatlah penting khususnya bagi para wirausaha muda yang ingin menjalankan bisnis.  

Ide bisnis dan konsep bisnis merupakan suatu gagasan nyata dalam mewujudkan suatu perencanaan usaha dengan mengutamakan nilai-nilai usaha, tujuan usaha, maupun target pasar atas produk yang dihasilkan.

Baca juga: UP raih pendanaan matching fund dari Kemendikbudristek

Dari kegiatan PKM yang dilakukan ini, diharapkan siswa-siswi sebagai wirausaha muda  tidak hanya cakap dalam bidang keahlian tetapi juga mampu mengomunikasikan, berkolaborasi, berfikir kritis, kreatif dan inovatif dalam  mengembangkan ide dan konsep bisnis, sehingga produk dan jasa yang akan dihasilkan memiliki nilai jual tinggi serta dapat menyesuaikan perubahan teknologi saat ini.  

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022