Bogor (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mendorong sektor olahraga dapat berkontribusi aktif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama dengan hadirnya Stadion Pakansari yang memiliki taraf internasional.

"Stadion Pakansari menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Bogor, selain untuk mencetak atlet berprestasi, juga diharapkan dapat mendorong tingkat perekonomian masyarakat sekitar," kata Bupati Bogor, Nurhayanti, di Cibinong, Rabu.

Ia mengatakan, Stadion Pakansari digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga. September 2016 mendatang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk tiga cabang yakni sepak bola, marcing band, dan atletik.

"Selain bertaraf interasional, kedepan kita akan kembangkan Stadion Pakansari sebagai pusat olah raga (sport center)," katanya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, dalam waktu dekat akan dilakukan pembangunan berbagai arena olahraga di sekitar Stadiun Pakansari. Sehingga berbagai kegiatan olahraga dapat dipusatkan di stadion tersebut.

"Harapan kita, Stadion Pakansari bisa menghidupkan semangat olahraga di Kabupaten Bogor, serta perekonomian masyarakat sekitar," katanya.

Nurhayanti mengatakan, Pemkab Bogor memiliki target dapat menghasilkan prestasi olahraga dan mencetak atlet berkualitas, serta membangkitkan kembali pesepakbolaan di wilayah tersebut.

"Hadirnya Stadion Pakansari bisa membangkitkan lagi tim sepak bola Persikabo yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Bogor," katanya.

Menurutnya, jika semangat olahraga masyarakat dapat tumbuh, diharapkan dapat mendorong pembangunan gelanggang olahraga di 40 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

"Saat ini sudah ada 12 kecamatan yang memiliki gelanggang olahraga, harapannya seluruh kecamatan sudah tuntas," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor, Yusuf Sadeli mengatakan, Stadion Pakansari telah mendapatkan sertifikat resmi dari Viva sebagai stadion bertaraf internasional.

"Fasilitas ini diharapkan bisa memicu semangat atlet seluruh cabang olahraga untuk meraih prestasi terbaik, saling berlomba memberikan kontribusi terwujudnya kemajuan olahraga di Indonesia," katanya.

Menurutnya, untuk membina para atlet, pihaknya bersinergi dengan KONI, mengoptimalkan berbagai pelatihan di Stadion Pakansari. Apabilan pusat olahraga atau kampung atlet dapat terwujud di Stadion Pakansari, maka berbagai kegiatan olahraga dapat diselenggarakan di stadion tersebut.

"Kehadiran stadion ini secara tidak langsung akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian masyarakat, bahkan sektor pariwisata dapat berkembang pesat melalui olahraga. Sejalan dengan harapan Bupati Bogor, perekonomian dari sektor pariwisata merata terbangun di seluruh wilayah Kabupaten Bogor," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016