Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Pemerintah Provinsi Lampung bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) XXII, di Ruang Abung Balai Keratun, Senin (28/03/2016), guna memantapkan penyelenggaraan MTQ Ke-44 Tingkat Provinsi Lampung tahun 2016 di Kabupaten Tanggamus.  

Sekretaris LPTQ Provinsi Lampung, Nerizon dalam laporannya menjelaskan bahwa Rakerda XXII LPTQ Provinsi Lampung Tahun 2016 selain untuk mengadakan evaluasi pelaksanaan program yang telah ditetepkan, juga guna memantapkan penyelenggaraan MTQ Ke-44 Tahun 2016, serta memantapkan konsolidasi organisasi dan menunjuk penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017.

"Diharapkan dengan Rakerda ini dapat disusun Program Prioritas LPTQ Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, serta menghimpun informasi terkait penyelenggaraan MTQ Ke-44 Tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Tanggamus," jelasnya.

Karo Humas dan Protokol Pemprov Lampung Bayana, menjelaskan, dalam Laporan Rancangan Keputusan Rakerda XXII yang disampaikan oleh Ketua I LPTQ Lampung, Suhaili dijelaskan bahwa MTQ Ke-44 Tingkat Provinsi Lampung di Kota Agung ibu kota Kabupaten Tanggamus akan dilaksanakan pada tanggal 20 s/d 27 April 2016.

LPTQ juga akan mengusulkan kepada Gubernur Lampung untuk menetapkan Kabupaten Pesawaran, atau Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan atau Kota Bandar Lampung sebagai penyelenggara dan tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-45 Tingkat Provinsi Tahun 2017.
 Pada kesempatan itu diusulkan juga untuk menambahkan Golongan Musabaqah pada cabang MTQ, sesuai dengan Cabang dan Golongan yang akan dimusabaqahkan pada MTQ Tingkat Nasional Tahun 2018, di antaranya Musabaqah Fahmil Quran dan Musabaqah Syarhil Quran untuk Golongan Putra dan Putri.

Bina Qari Qariah Dengan Baik

Sementara itu, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo  diwakili Asisten Bidang Kesra, Elya Muchtar mengharapkan agar Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dapat meningkatkan kiprahnya dalam membina para qari dan qariah, hafiedz dan hafiedzah serta mufassir untuk mencapai prestasi terbaik di setiap musabaqah atau kejuaraan, baik di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

"Sebagai lembaga yang bertanggungjawab dalam pengembangan, pembinaan dan penghayatan nilai-nilai Alquran, LPTQ Provinsi Lampung harus terus meningkatkan peranannya, terutama dalam mencetak generasi yang berprestasi di bidang keagamaan," ujarnya.

Gubernur juga mengharapkan melalui Rakerda ini ke depan LPTQ dapat mengembalikan kejayaan pada MTQ maupun STQ Tingkat Nasional melalui evaluasi program kerja, serta meningkatkan koordinasi dan sinergitas peran dan fungsi LPTQ Provinsi Lampung dalam pembangunan kehidupan beragama.

Kabag Humas pada Biro Humas dan Protokol Pemprov Lampung, Heriyansyah menambakan, rapat LPTQ itu dihadiri oleh Jajaran LPTQ Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, Jajaran Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, serta Perwakilan Jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan Pemerintah Provinsi Lampung. (Rls/MTh).

Pewarta: Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016