Purwakarta (Antara Megapolitan) - Pengunjung dari berbagai daerah di Jawa Barat memadati objek wisata Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada akhir pekan yang bertepatan dengan libur Paskah 2016.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi setempat Asep Supriatna, di Purwakarta, Minggu, mengatakan lonjakan pengunjung Taman Air Mancur itu terlihat signifikan pada Sabtu (26/3) malam.

"Banyaknya pengunjung bisa dilihat dari penuhnya seluruh kamar hotel di Purwakarta," katanya.

Kepadatan pengunjung juga bisa dilihat dari titik-titik parkir yang telah disediakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, kondisinya "over load". Bahkan terjadi kemacetan di jalan raya RE Martadinata dan Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan akses menuju Taman Air Mancur.

Ia mengaku sebelumnya telah melakukan persiapan untuk mengatasi lonjakan pengunjung. Di antaranya berkoordinasi dengan petugas Satuan Polisi Pamong Praja.

Hal itu dilakukan untuk mengatasi aksi saling dorong pengunjung yang berebut memasuki pintu timur Taman Sri Baduga.

Taman Air Mancur Sri Baduga itu sendiri kini menjadi andalan objek wisata Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, untuk menarik wisatawan.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, keberadaan Taman Air Mancur Sri Baduga tersebut seakan-akan menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Purwakarta.

"Taman Air Mancur Sri Baduga sekarang sudah menjadi ikon objek wisata Purwakarta," kata dia.

Catatan Dinas Perhubungan, Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi setempat, terdapat 20 ribu wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke Purwakarta setiap pekan.

Taman Air Mancur Baduga Situ Belued berlokasi di pusat Kota Purwakarta. Objek wisata yang satu ini dilengkapi dengan unsur cahaya.

Variasi dari gerakan air mancur disesuaikan dengan alunan irama musik yang mengiringi pertunjukan. Dari berbagai irama cepat hingga lambat dapat disaksikan air mancur berwarna-warni.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016