Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang membuat inovasi dan terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi informasi, pihaknya meluncurkan televisi digital bernama BNPT TV Channel. 

Program tersebut sebagai salah satu upaya untuk menangkal informasi paham radikalisme dan terorisme yang menyebar di banyak platform media terutama media sosial selama ini. 

"Peranan BNPT TV diharapkan terus memacu Upaya Inovatif untuk Tangkal Informasi Radikalisme dan Terorisme di Indonesia agar semakin baik, sehingga dapat memagari diri dari generasi muda dari serangan Radikalisme dan terorisme," kata Ketua Umum Solidaritas Pemersatu Bangsa Indonesia (SPBI), yang juga merupakan eks Ketua Relawan Jokowi-JK Provinsi Aceh, Dr. Iswadi dalam keterangannya, Kamis.

Iswadi menyampaikan hal tersebut Dalam rangka merespon Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang akan berumur 12 tahun pada 16 Juli 2022 mendatang . 

Menurut Pembina Yayasan Al-Mubarrak Fil-Ilmi tersebut, kehadiran BNPT TV merupakan peluang untuk ikut menyampaikan informasi positif kepada masyarakat yang tidak hanya tepat dan akurat tapi harus cepat serta mudah dimengerti. 

Supaya dapat menangkal Informasi Radikalisme dan Terorisme di Indonesia “Informasi positif dan inovatif dari BNPT TV akan membentuk apa yang disebut sebagai masyarakat informatif akan menjadikan informasi sebagai kebutuhan dasar,” sehingga dapat menangkal Informasi Radikalisme dan terorisme.

Alumni Program Doktoral Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta ini mengatakan BNPT TV saat ini dapat menjadi peluang sekaligus tantangan yang dihadapi dalam mengelola keseimbangan Informasi Tantangan terbesar yang harus dihadapi BNPT TV saat ini adalah turut serta dalam menanggulangi bahaya Radikalisme dan terorisme yang masih terus menyebar di masyarakat.

Menurut Akademisi berdarah Pidie Aceh Ini , Tema Gelorakan Sinergi Bangsa Dalam Mencegah Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme Menuju Indonesia Harmoni yang diusung pada Ultah BNPT kali ini, juga mempunyai korelasi untuk meningkatkan daya kritis masyarakat dalam menangkal Informasi Radikalisme dan Terorisme karena secara umum keberadaan media saat ini bukanlah entitas tunggal, ada kepentingan bisnis dan bahkan kepentingan politik di balik media. 

"Kita berharap Dengan Ada nya BNPT TV dapat dipastikan semua kepentingan tersebut tidak menggerus fungsi lembaga pers sebagai media edukasi, media penyampai informasi dan lembaga kontrol sosial," terangnya.

Iswadi mengatakan peran BNPT TV sangat penting di era milenial saat ini , karena dengan TV digital mampu membuat kita untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi masalah yang sedang terjadi. 

BNPT TV juga mampu membantu dalam memecahkan masalah, berkomunikasi menjadi lebih lancar, dan juga mampu berkolaborasi dengan lebih banyak orang. TV digital sendiri dapat diartikan sebagai kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggungjawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi. 

Karena Kehadiran medsos sebagai manifestasi dari perkembangan teknologi internet tak bisa dielakkan. Setiap individu dapat dengan sangat mudah dan murah mengakses internet melalui ponsel atau smartphone. Belum lagi berbagai layanan dan aplikasi sehingga kehadiran medsos menjadi sangat menggiurkan dibanding media arus utama. 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022