Bogor (Antara Megapolitan) - Sebanyak 1.000 RT akan mengikuti lomba kebersihan tingkat rukun tetangga yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

"Ini merupakan lomba kebersihan yang pertama kali digelar Kota Bogor di tingkat RT, diperkirakan 1.000 RT akan ikut serta," kata Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Bogor, Toto M Ulum, Jumat.

Toto mengatakan, rangkaian lomba akan dimulai minggu depan yang diawali dengan rapat bersama RT, RW, lurah dan capai untuk menyampaikan program kebersihan tersebut.

"Lomba kebersihan ini untuk menggalang partisipasi warga untuk sama-sama membersihkan lingkungan dari sampah," katanya.

Dalam perlombaan tersebut, lanjut dia, Ketua RT bisa menilai sendiri apakah sudah masuk dalam tujuh kriteria kebersihan yang ditentukan, sehingga penilaian juri akan sangat transparan.

Ia menyebutkan, lomba kebersihan yang pertama kali diadakan di Kota Bogor akan berdampak positif terutama dalam mengangkat kualitas kesehatan masyarakat. Mulai dari perubahan perilaku malu membuang sampah sembarangan hingga bergerak langsung dalam aksi kebersihan.

"Walau itu tidak mudah, Pemkot Bogor akan terus melakukan sosialisasi secara masif," katanya.

Toto mengharapkan, kegiatan lomba tersebut dapat dilakukan dan bisa kembali menggalakkan pola pengambilan sampah yang teratur.

Anggota Tim Percepatan Pelaksana Prioritas Pembangunan (TP4) Kota Bogor, Maria Dian Nurani mengatakan, program kebersihan tersebut dapat berjalan. Menyontoh Jepang yang juga mengalami persoalan pengelolaan sampah, namun berhasil mengembangkannya.

"Jepang juga akan membantu Kota Bogor dalam pelatihan dan pendampingan pengolahan sampah. Adanya kedisiplinan dan kesadaran masyarakat ini sangat penting," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016