Pemerintah Kota Depok di Provinsi Jawa Barat meminta panitia pelaksanaan ibadah kurban pada Idul Adha 1443 Hijriyah/2022 tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai untuk membagikan daging hewan kurban kepada warga.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengimbau panitia kurban mengganti kantong plastik dengan wadah yang ramah lingkungan seperti daun pisang, daun jati, dan besek atau wadah lain yang bisa digunakan ulang.

"Kami mengimbau masyarakat untuk membawa wadah sendiri, yang dapat dipakai ulang, untuk mewadahi daging kurban," katanya di Depok, Jumat.

Baca juga: MUI: kurangi pemakaian kantong plastik pada pembagian daging kurban
Baca juga: Pemkot Bogor dukung KLHK imbau penyaluran daging kurban tanpa kantong plastik

Wali Kota juga menginstruksikan para camat dan lurah di wilayahnya untuk menyampaikan surat edaran tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1443 H tanpa sampah plastik kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

Menurut surat edaran pemerintah kota, panitia pelaksanaan ibadah Idul Adha mesti menyediakan sarana dan prasarana pengolahan sampah berupa tempat sampah terpilah dan alat pengumpul sampah terpilah di lokasi pelaksanaan shalat dan pembagian daging kurban serta mengumpulkan dan mengangkut sampah ke tempat pemrosesan.

Selain itu, panitia pelaksanaan ibadah Idul Adha diminta memastikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 diterapkan selama pelaksanaan shalat, penyembelihan hewan kurban, dan pembagian daging kurban.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Depok minta panitia kurban tak pakai kantong plastik untuk bagi daging

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022