Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendorong para pengelola pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) agar lebih "melek" media sosial dalam melakukan promosi.

"Kami akan berusaha mengembangkan SDM di bidang pariwisata dan ekraf, dengan memperkenalkan penggunaan digital sebagai media promosi," kata Kabid Ekraf Disparbud Karawang Fazriyan Wardani Adhitya, di Karawang, Selasa. 

Ia menyampaikan, saat ini memang sudah ada beberapa pelaku usaha bidang pariwisata dan ekraf yang sudah berkembang dan melek digital. 

Fazriyan ingin seluruh sumber daya manusia di bidang pariwisata dan ekraf bisa lebih berkembang, sehingga perlu dilakukan pengembangan SDM.

Dalam upaya pengembangan SDM, Fazriyan akan memberikan pelatihan khusus tentang optimalisasi penggunaan media sosial sebagai digital marketing dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku usaha ekraf.

"Sekarang sudah era digital, jadi sangat penting untuk lebih mengoptimalkan penggunaan media sosial dan pemanfaatan aset digital berupa database mereka dalam pengembangan usaha ekraf, dengan tujuan dapat membantu memperluas pantulan konsumen mereka," katanya. 

Menurut dia, sebagai upaya membantu mempromosikan setiap produk pelaku usaha tersebut, Disparbud mengajak seluruh vloger dan selebgram di Karawang untuk berkolaborasi, dengan tujuan membangun bersama serta mempromosikan hasil-hasil produk dan jasa ekonomi kreatif asli Karawang. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022