Jakarta (Antara Megapolitan) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menargetkan 2.000 proposal yang terjaring dan 800 usulan karya desain dan prototipe dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-48 tahun 2016.

"Ini merupakan tren positif dalam perkembangan minat penelitian di kalangan remaja. Tahun ini kami targetkan paling tidak ada 2.000 proposal LKIR yang terjaring dan 800 usulan karya desain dan  prototipe," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Laksana Tri Handoko dalam konferensi pers "Kick Off Kompetisi Ilmiah LIPI Tahun 2016" di kantor LIPI, Jakarta, Senin.  

Menurut Laksana yang juga ketua dewan juri kompetisi ilmiah LIPI, pada 2015 jumlah proposal karya ilmiah yang diajukan peserta naik sekitar 30 persen dibandingkan pada 2014. Dari 1.700-an menjadi 2.041 proposal dan 600 usulan karya inovasi remaja.

Kepala Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas menyatakan, berbeda dengan tahun lalu, LIPI juga menggelar Indonesia Youth Science Festival (IYSF) bersamaan dengan penyelenggaraan kompetisi ilmiah tahun ini.    

"Festival ini meliputi loka karya, diskusi, pameran ilmu pengetahuan, seni, dan film serta pertemuan alumni LKIR," kata Nur.   

Ia menyampaikan apresiasinya kepada British Council dan Intel Indonesia yang beberapa tahun terakhir bersama LIPI telah memberikan perhatian khusus dalam pembinaan minat peneliti remaja dalam ajang LKIR ini.

"Kami sangat terbuka bagi pihak mana pun yang ingin berpartisipasi pada rangkaian penyelenggaraan kompetisi ilmiah, baik dari instansi swasta maupun pemerintah. Ke depannya, semoga ide-ide yang diajukan para peneliti muda bisa semakin inovatif dan memberikan kontribusi yang baik untuk masa depan," tuturnya.

Rangkaian kompetisi ilmiah LIPI ini diselenggarakan pada 22-26 Agustus 2016 mendatang.

Pendaftaran keikutsertaan dalam ajang kompetisi ilmiah LIPI melalui website www.infokompetisi.lipi.go.id secara online, untuk LKIR paling lambat pada 1 April 2016 dan NYIA pada 11 Juli 2016. 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016