PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan rekayasa lalu lintas di lokasi terdampak pekerjaan area Kilometer 06+145 Ruas Tol Jakarta-Cikampek yang terimbas pemasangan girder duplikat Jembatan Antelope Jatibening, Kota Bekasi.

"Sehubungan dengan adanya pekerjaan erection duplikasi overpass Antelope, kami melakukan pengaturan lalu lintas atas diskresi kepolisian guna memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan di sekitar lokasi pekerjaan," kata Operation and Maintenance Departement Head Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Nouval M Rizky di Bekasi, Senin petang.

Nouval mengatakan pekerjaan yang dimaksud dijadwalkan mulai dikerjakan malam ini hingga Selasa (5/7) pada periode window time yakni pukul 22.00-04.00 WIB dengan tetap mempertimbangkan kondisi lalu lintas.

"Karena lokasi pekerjaan erection girder sepanjang 46,15 meter tersebut berada melintang di atas jalur utama Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan Cikampek, di setiap tahapan ini akan kami lakukan skema buka tutup lajur. Namun kami tegaskan, tidak ada penutupan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek," katanya.

Baca juga: Melintang di atas Jembatan Antelope Kota Bekasi, Proyek KCJB lanjut dengan pengawasan

Pengaturan lalu lintas selama pekerjaan berlangsung meliputi kendaraan dari arah Cakung menuju Cawang dialihkan di KM 10 Cikunir melalui Tol JORR E arah Taman Mini, sedangkan kendaraan dari arah Jatiasih menuju Cawang dialihkan di KM 10 melalui pintu keluar Kalimalang.

Kemudian kendaraan dari arah Cikampek menuju Cawang dialihkan melalui Gerbang Tol Cikunir 2, arah Jatibening menuju Cawang dialihkan melalui Kalimalang, serta dari Cikampek menuju Jakarta melalui Tol Layang MBZ dialihkan melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksis.

"Kami juga melakukan sterilisasi dan penutupan Rest Area KM 6B Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta," katanya.

Baca juga: Jasa Marga perbaiki ruas jalan di dua titik Tol Jakarta-Cikampek

Selain itu kendaraan dari arah Interchange Cawang Tol Dalam Kota menuju Cikampek dialihkan ke Tol Jagorawi melalui JORR E arah Cikampek, sedangkan kendaraan dari arah Tanjung Priok menuju Cikampek diluruskan ke Tol Jagorawi melalui JORR E arah Cikampek.

Kendaraan dari arah arteri Cawang UKI menuju Cikampek dilakukan pengalihan arus di Cawang melalui Kalimalang arah Cikampek dan kendaraan dari arah Jatiwaringin menuju Cikampek dialihkan melalui Kalimalang arah Cikampek.

Jasa Marga bersama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebagai kontraktor pekerjaan ini juga menyiapkan rambu-rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar, menyiagakan petugas pengaturan lalu lintas, serta memastikan petugas tetap menjaga protokol kesehatan di lokasi pekerjaan.

Baca juga: Jasa Marga kembali lakukan pemeliharaan jalan di lima titik Tol Jakarta-Cikampek

Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan serta Variable Message Sign di kedua arah Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud sekaligus memberi imbauan kepada pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan dengan memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, serta mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

"Selalu patuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan Pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," kata Nouval.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022