Bupati Karawang Cellica Nurrahadiana menyebutkan pasar Rengasdengklok yang baru menyediakan 928 unit tempat usaha yang terdiri atas los dan kios.

"Ketersediaan tempat usaha yang telah selesai dibangun sebanyak 928 unit, terdiri atas 720 los dan 208 kios," kata bupati dalam keterangannya, di Karawang, Jumat.

Menurut dia, keberadaan pasar Rengasdengklok yang baru itu menjadi bagian dari upaya Pemkab Karawang dalam melakukan penataan di kawasan Rengasdengklok.

Baca juga: Bupati Karawang janji akan atasi pro-kontra relokasi Pasar Rengasdengklok

Di sekitar pasar Rengasdengklok yang baru, akan disediakan berbagai fasilitas seperti terminal angkutan umum dan kendaraan bongkar muat barang.

"Selain itu, juga akan dilakukan penataan ruang yang rapih dan nyaman, agar bisa meyakinkan para pedagang untuk mantap pindah dan memesan unit di pasar yang baru itu," katanya.

Untuk lokasi pasar Rengasdengklok yang lama, rencananya akan dijadikan Pemkab Karawang sebagai ruang terbuka hijau.

Baca juga: Bupati Karawang maklumi kelambatan pembangunan pasar Rengasdengklok

Sementara dari 928 unit tempat usaha yang terdiri atas 720 los dan 208 kios di pasar Rengasdengklok yang baru, yang sudah dipesan berjumlah 596 unit.

Sisa yang saat ini masih tersedia dan sudah selesai dibangun adalah 332 unit terdiri dari 233 los dan 99 kios.

Ia mengatakan, jika ada masih ada tambahan permintaan pedagang, sesuai revisi III siteplan, maka masih bisa dibangun 234 unit terdiri dari tambahan 232 unit los dan 2 kios.

Baca juga: Pemkab Karawang targetkan pembangunan Pasar Rengasdengklok rampung tahun ini

Sehingga jumlah total unit yang masih tersedia ada 465 unit los dan 101 kios untuk menampung 566 pedagang yang belum mendaftar.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022