Tim SAR gabungan menggunakan helikopter Caracal TNI-AU dikerahkan ke lokasi pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM yang mengalami insiden di pedalaman Timika, Papua, untuk melakukan evakuasi.

Sebelumnya, pesawat Susi Air dilaporkan hilang kontak dalam penerbangan Timika-Duma-Timika itu berangkat dari Bandara Moses Kilangin Timika, Kamis, sekitar pukul 05.34 WIT, yang dijadwalkan tiba kembali sekitar pukul 08.00 WIT.

Kepala Tim SAR Timika, Merci Randang kepada Antara di Jayapura, Kamis, menuturkan, pesawat Susi Air yang hilang kontak tersebut membawa enam penumpang.

"Saat ini Tim SAR gabungan sudah menemukan lokasi inseiden pesawat dan sedang melakukan evakuasi kru dan penumpang pesawat Pilatus Porter yang dikemudikan Kapten Doyle Peter," katanya.

Nama-nama penumpang pesawat Susi Air adalah Merina Dimpau, Fickien Dimpau, Philipus Dimpau, Leo Dimpau, Seruwarkis Diabilu, dan Lukas Dimpau.
 
Baca juga: Kapolres Intan Jaya sebut pesawat Rimbun Air jatuh karena kecelakaan
Baca juga: 24 Ambulans Untuk Jenazah Korban Trigana

Sebelumnya diberitakan, pesawat Rimbun Air mengalami kecelakaan dalam penerbangan dari Nabire ke Sugapa di Papua pada Rabu, 15 September 2021, akibat cuaca buruk yakni berkabut tebal.

Kapolres Intan Jaya, Papua, saat itu, AKBP Sandi Sultan menyatakan pesawat kargo yang membawa bahan bangunan itu awalnya dilaporkan hilang kontak sekitar pukul 07.30 WIT setelah terbang dari Nabire menuju Sugapa pada pukul 06.40 WIT.
 
Sekitar pukul 11.00 WIT warga melaporkan menemukan puing pesawat Rimbun Air di ketinggian 2.400 meter, sekitar 5 kilometer dari bandara Bilogai.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tim SAR gabungan evakuasi korban pesawat Susi Air di pedalaman Timika

Pewarta: Evarukdijati

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022