Sekretaris Jenderal Kementerian Agama yang juga pengawas internal penyelenggaraan ibadah haji, Nizar Ali, menilai pelaksanaan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi relatif lebih baik.

"Kalau Mekkah relatif menurut saya lebih baik karena kapasitas jamaah menurun drastis. Semalam saya mengamati Masjidil Haram masih lancar, orang tawaf, sai juga tidak ada kendala," kata Nizar Ali yang juga Sekjen Kementerian Agama, di Mekkah, Rabu.

Jumlah kuota haji Indonesia pada musim haji 1443H/2022M sebanyak 100.051 jamaah berkurang setengahnya dari 2019 karena ada pembatasan dari Arab Saudi terkait situasi pandemi.

Nizar berharap pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar dan kondisi baik tersebut bisa dipertahankan sampai selesai operasional haji 1443H/2022M.

Lebih lanjut dia mengatakan, secara umum penyelenggaraan ibadah haji baik di Madinah maupun pelayanan di daerah kerja Bandara berjalan dengan baik meski ada beberapa kendala tapi bisa diatasi dengan baik.

"Memang ada beberapa hal tapi sifatnya administrasi dan bisa diantisipasi misalnya ada perbedaan nama antara paspor dan visa. Kemudian teman-teman di daker Bandara bisa antisipasi dengan baik," tambah Nizar.

Baca juga: 32.374 jamaah calon haji Indonesia sudah tiba di Mekkah
Baca juga: Sebanyak 3.209 jamaah calon haji Indonesia tiba di Jeddah
Baca juga: JCH yang tiba di Jeddah melaksanakan umrah setelah tiba di Mekkah

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 32.374 jamaah calon haji Indonesia (JCH) dari 83 kelompok terbang (kloter) sudah tiba di Mekkah baik dari gelombang satu melalui Madinah maupun gelombang dua melalui Jeddah, sedangkan sebanyak 19.427 jamaah dari 49 kloter masih berada di Madinah

Data jamaah tersebut berdasarkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama yang dipantau Selasa pukul 19.39 Waktu Arab Saudi (WAS).

Sedangkan di Jeddah masih ada dua kloter sebanyak 886 jamaah yang akan diberangkatkan ke Mekkah.

Total kloter yang sudah berangkat dari Tanah Air hingga saat ini sebanyak 144 kloter sedangkan yang sudah tiba di Tanah Suci sebanyak 138 kloter.

Sementara jamaah yang berangkat tercatat sudah 56.528 orang sedangkan yang tiba sebanyak 54.176 jamaah.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengawas internal: Pelaksanaan ibadah haji di Mekkah relatif baik

Pewarta: Desi Purnamawati

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022