Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan memberikan motivasi kepada 1.111 aparatur sipil negara (ASN) calon purnabakti di Auditorium Sekretariat Daerah, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

"Masih ada waktu satu tahun sebelum purnabakti. Persiapkan dengan matang apakah menjadi wiraswasta, pelaku UMKM, berdagang, membuka usaha kuliner, dan usaha lainnya," kata Iwan di hadapan para calon purnabakti ASN.

Menurutnya, para ASN yang purnabakti pada tahun 2023 harus mempersiapkan diri dan menentukan langkah ke depan secara matang agar tetap produktif setelah pensiun.

"Pada dasarnya kami terbuka dan siap membantu agar para purnabakti bisa produktif dan berada di posisi nyaman setelah pensiun,” ujarnya.

Baca juga: Plt Bupati Bogor minta dukungan untuk selesaikan program hingga tuntas

Iwan menyebutkanmelalui pembekalan itu Pemerintah Kabupaten Bogor ingin memberikan motivasi, semangat, dan kepercayaan diri kepada para calon purnabakti agar tetap aktif, sehat, dan bahagia.

“Agar masa-masa pensiun akan terasa menyenangkan, maka lakukan dan ciptakan kegiatan baru agar tetap bisa memberi manfaat kepada masyarakat dan diri sendiri, baik manfaat moril, spiritual maupun materiil,” kata Iwan.

Pemerintah Kabupaten Bogor, menurutnya, siap mendukung dan membantu dalam memberikan pembekalan ilmu melalui tutorial baik dari pelaku UMKM, pelaku wisata, dan pelaku pertanian yang sudah sukses sehingga dapat memotivasi mereka menghadapi purnabakti.

“Pensiun bukan akhir dari kehidupan tapi lebih bebas berkreasi dengan waktu yang lebih banyak. Kita siap dukung penuh,” tuturnya.

Baca juga: Ade Yasin sempat terbitkan SE larangan terima gratifikasi bagi ASN sebelum OTT
Baca juga: ASN Pemkab Bogor dilarang terima gratifikasi Lebaran

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022