Bekasi (Antara Megapolitan) - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengemukakan ada empat tujuan utama dari penyelenggaraan Pekan Olahraga XIX/2016 yang wajib dicapai.

"Pertama adalah sukses penyelenggaraan kegiatan PON di Jabar. Jangan sampai ada kendala teknis maupun nonteknis yang mengganggu kelancaran kegiatan," katanya di Bekasi, Minggu.

Menurut dia, Jabar sebagai tuan rumah harus menunjukan kemampuannya mengelola PON kali ini agar berjalan sukses melalui tema "Berjaya di Tanah Legenda".

Adapun sekses berikutnya menyangkut prestasi para atlet dengan memborong medali emas agar keluar menjadi juara umum.

Menurut dia, sudah saatnya Jawa Barat menjadi juara umum PON agar dapat mencatatkan sejarah sebagai legenda baru prestasi di bidang olahraga.

"Sudah 50 tahun Jabar belum pernah keluar sebagai juara umum PON. Kalau tidak disukseskan pada tahun ini, kita harus menunggu giliran lagi selama 132 tahun lamanya setelah semua daerah menjadi tuan rumah PON berikutnya," katanya.

Hal tersebut dikatakan Deddy saat membuka jalannya seremonial 222 Hari Menjelang PON Jabar di Kota Bekasi, Minggu (28/2) pagi.

Adapun tujuan ketiga dari penyelenggaraan PON 2016 adalah sukses ekonomi.

"PON merupakan ajang efektif dalam memperkenalkan potensi perekonomian daerah melalui penyediaan fasilitas perekonomian selama acara berlangsung," katanya.

Dikatakan baru Jawa Barat yang sanggup menyelenggarakan PON di 15 daerah kota dan kabupaten di Jabar.

"Ini adalah potensi ekonomi yang bisa digarap ke-15 daerah tersebut karena akan banyak berdatangan tamu," katanya.

Adapun tujuan terakhir adalah sukses administrasi di mana kesuksesan PON perlu dibarengi dengan alur pencatatan laporan kegiatan dan penyusunan administrasi yang baik.

"Biasanya PON menimbulkan masalah di saat berakhirnya acara. Tidak jarang beberapa penyelenggaranya berujung pelanggaran hukum. Jangan sampai Jabar bermasalah," katanya.

Dia optimistis bila keempat sukses itu tercapai maka Jabar layak dijadikan sebagai percontohan bagi tuan rumah PON .
(Adv).

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016