Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyatakan Pemerintah Kota Depok sangat konsen terhadap UMKM dan mengajak masyarakat untuk membela dan membeli produk UMKM lokal.

"Dengan kita membeli produk lokal di warung itu akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakatnya," kata Imam di Depok, Senin.

Untuk itu ia mengapresiasi Festival Depok Keren yang diselenggarakan di Kelurahan Depok Jaya untuk membangkitkan semangat para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi COVID-19.

"Melalui kegiatan ini, memberikan semangat kepada warga Depok untuk mau berusaha menghidupkan perekonomian yang akan berimbas pada laju pertumbuhan ekonomi di Kota Depok," ujarnya.

Baca juga: Kominfo lakukan akselerasi transformasi digital UMKM Depok
Baca juga: UMKM Depok tingkatkan kemampuan pemasaran dengan pelatihan digital

Festival Depok Keren merupakan kegiatan perdana dan akan menjadi agenda rutin ke depannya. Sebanyak 23 stand UMKM turut memeriahkan festival tersebut.

Selain promosi produk UMKM pada Festival Depok Keren juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan. Mulai dari lomba mewarnai dan tarian tradisional tingkat PAUD dan TK hingga lomba menghias nasi tumpeng.

Sebelumnya Wali Kota Depok Mohammad Idris mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 510/285-PSDA tentang Upaya Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Kota Depok Jawa Barat, Senin.

Baca juga: Kemkominfo kembali buka pelatihan bagi 100 pelaku UMKM Depok

SE ini menindaklanjuti instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor: 2 Tahun 2022 tanggal 30 Maret 2022 tentang P3DN dan produk usaha mikro serta usaha kecil dan koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah.

"Ada beberapa langkah koordinasi yang perlu ditempuh," kata Mohammad Idris.

Koordinasi tersebut yaitu menginisiasi dan mengelola katalog elektronik lokal sesuai ketentuan perundang-undangan di bidang pengelolaan barang/jasa pemerintah agar pertumbuhan ekonomi lebih merata.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022