Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki optimistis seluruh produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ditampilkan dalam acara Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) 2022 berkualitas serta berkelas setelah melalui proses kurasi maupun seleksi ketat.

"Hal ini sebenarnya yang dibutuhkan UMKM, di mana produknya dikurasi dengan baik," kata Menkop setelah pembukaan JaKreatiFest 2022 di Mal Sarinah, Jakarta, Kamis.

Ia mengharapkan peran Jakarta sebagai showcase produk UMKM dari 34 provinsi diperkuat dengan memberikan kesempatan lebih besar terhadap pelaku usaha di sektor tersebut dalam pelbagai pameran dan semacamnya.

"Jadi, Jakarta sebagai showcase produk UMKM dan window market dari luar harus terus diperkuat," ucap Teten.

Begitu pula dengan daerah-daerah selain Jakarta yang diharapkan mengadakan kegiatan semacam JaKreatiFest 2022 guna mengembangkan produk UMKM.

Lebih lanjut, Teten mengapresiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menyiapkan ekosistem bisnis bagi UMKM agar naik kelas dengan menghelat JaKreatiFest 2022.

Teten optimis acara tersebut dapat memacu pelaku UMKM untuk meningkatkan kreatifitas serta mengembangkan inovasi model bisnis.

Upaya pengembangan UMKM juga dapat semakin terdongkrak jika diberikan dukungan pendampingan terus-menerus dan akses pembiayaan maupun akses pasar.

"Saya kira kalau UMKM diberikan ruang usaha seperti di Sarinah dan di mal-mal kelas atas, UMKM saya kira bisa bertumbuh," ungkap dia.

Baca juga: Teten sebut e-commerce harus tiru Sarinah menjual 100 persen produk UKM

Sebelumnya, Menkop UKM, Teten Masduki menyebut e-commerce harus meniru BUMN Sarinah yang menampilkan 100 persen produk lokal dan mampu menarik banyak pengunjung.

"Saya tadi memberi contoh, Sarinah dengan 100 persen produk UMKM yang ditampilkan, sekarang pengunjungnya membludak. Saya kira ini juga harus ditiru oleh teman-teman e-commerce," kata Teten Masduki saat menghadiri Forum Ekonomi Digital di Jakarta, Senin (4/4).

Menurut Teten, tidak benar jika ada anggapan bahwa hanya merek besar atau produk asing saja yang mampu menarik pengunjung, di mana hal tersebut dibuktikan oleh keberadaan Sarinah.

Menurut dia, sudah banyak produk buatan dalam negeri yang memiliki kualitas bagus dan tidak kalah dengan produk asing.

Karena itu Teten mengatakan, KemenkopUKM akan melakukan pendampingan, kurasi, kerja sama, dan kolaborasi untuk menciptakan UKM yang berkualitas.

"Saya kira pasar Indonesia cukup besar dan ini juga saya kira tidak ada yang dirugikan jika fokus menjual produk dalam negeri," ujar Teten Masduki.

Teten menambahkan upaya tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang ingin mengangkat produk-produk dalam negeri.

"Pak Presiden pernah menyampaikan bahwa e-commerce itu harus dibanjiri produk UKM. Nah ini betul. Ini tentu juga komitmen dari pengelola e-commerce itu sendiri. Kalau market itu kan tergantung siapa yang menyediakan," pungkas Teten Masduki.


Baca juga: LPEI dan Sarinah berkolaborasi lepas ekspor ikan tuna UMKM
Baca juga: BNI ajak 50 mitra binaan UMKM jajaki pasar Turki





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Teten yakini seluruh produk UMKM di JaKreatiFest 2022 berkelas

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022