Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menyebutkan lembaganya siap menyukseskan Pemilihan Umum 2024, salah satunya dengan memberikan dukungan anggaran kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di daerah setempat.

"Untuk anggaran saya kira tidak ada masalah, yang terpenting kita harus bersama-sama mengawal Pemilu 2024 ini bisa berjalan dengan baik, dan semakin mematangkan kehidupan berdemokrasi, khususnya di Kabupaten Bogor," kata Rudy di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Menurut dia, Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, menyadari dengan daerah yang sangat luas dan jumlah pemilih yang banyak, penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Bogor pasti membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Ketua DPRD memastikan anggaran yant besar tersebut tidak menjadi kendala. 

"Anggaran cukup. Jadi anggaran besar yang digunakan untuk pemilu harus dimanfaatkan untuk mematangkan kehidupan demokrasi," kata Rudy.

Ketua DPRD mengajak masyarakat Kabupaten Bogor untuk berpartisipasi aktif pada Pemilu 2024. 

Pemilu merupakan salah satu perangkat untuk meraih atau mempertahankan kekuasaan secara konstitusional dan harus seutuhnya digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin meminta KPU segera merancang program kegiatan dan anggaran yang dibutuhkan untuk Pemilu 2024.

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) itu, meminta agar pembahasan anggaran penyelenggaraan pemilu harus sudah tuntas dan disahkan pada APBD 2023.

"Pemilu kan dilaksanakan 14 Februari 2024, jadi menurut saya, anggarannya harus sudah tuntas di 2023," kata Burhan.

Ia mengatakan, belajar pada Pemilu 2014, anggaran pemilu baru disahkan pada bulan Januari padahal saat itu, Pemilu dilaksanakan pada 9 April 2014.

"Jadi terlalu mepet. Nah, Pemilu 2024 di bulan Februari, Saya minta agar anggarannya tuntas di 2023," tuturnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor telah meresmikan pelaksanaan tahapan pemilu 2024. Partai politik yang akan mengikuti pesta demokrasi lima tahunan itu boleh mendaftar mulai 29 Juli 2022 sampai 13 Desember 2022.

Ketua KPU Kabupaten Bogor Umi Wahyuni mengatakan tahapan pemilu diawali dengan perencanaan program anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu.

Sesuai jadwal, KPU akan membuka pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu mulai 29 Juli sampai 13 Desember 2022. Penetapan peserta pemilu nanti akan diumumkan pada 14 Desember 2022.

"Untuk itu kami meminta, pimpinan partai politik mempersiapkan diri. Kami juga meminta kepada dukungan kepada semua pihak, terutama pada Forkopimda agar semua tahapan pemilu bisa berjalan dengan baik," kata Umi.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022