Tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mencatat baru 30 persen perusahaan di wilayahnya yang melaporkan telah menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Lembaga yang sudah masuk (laporannya) baru 30 persen dari sekitar 800 perusahaan yang ada di Kabupaten Bogor," ungkap Anggota Tim TJSL Kabupaten Bogor, Alexander Frans, di Cibinong, Bogor, Selasa.

Alexander menuturkan, penerimaan laporan dana CSR ini terkendala belum tersosialisasikannya peran Tim TJSL yang dibentuk pada tahun 2019. Hal itu membuat perusahaan-perusahaan cenderung sungkan melaporkan kegiatan CSR.

Alex pun mengimbau agar setiap perusahaan tak segan untuk melaporkan kegiatan CSR-nya. Sebab, Tim TJSL Kabupaten Bogor memiliki kewajiban untuk melakukan pembinaan kepada perusahaan-perusahaan dalam penyaluran dana CSR agar tepat sasaran.

"Jadi orang (perusahaan) tidak usah ragu-ragu lagi bingung diminta oleh Dinas PU, Disnaker atau yang lainnya. Karena sekarang TJSL semuanya melalui Bappedalitbang di dalamnya ada kita Tim TJSL," kata Alex.

Menurutnya, sejak awal dibentuk hingga akhir tahun 2020, Tim TJSL mampu menghimpun sekitar Rp150 miliar dari sekitar 200 perusahaan di Kabupaten Bogor. Sedangkan tahun 2021, pihaknya masih dalam tahap pengumpulan laporan.

Dana yang tercatat oleh Tim TJSL kemudian disinkronkan dengan Program Pancakarsa milik Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang).

"Jadi kami juga tidak bisa sembarang memberikan TJSL, tidak boleh kita begitu karena harus ada arahan dari bupati melalui Bappedalitbang. Jadi program-program mana yang tahun ini non-APBD yang diperlukan bantuan dari TJSL," terangnya.

Alex mengaku pihaknya masih terus melakukan pendataan laporan dana CSR. Terlebih, masih ada perusahaan yang enggan melaporkan kegiatan CSR, sehingga perlu ada sosialisasi lebih masif kepada perusahaan-perusahaan.

Baca juga: Indocement raih tiga penghargaan dalam ajang TOP CSR Awards 2022
Baca juga: Program Jabar Caang targetkan 10.500 sambungan listrik baru di Kabupaten Bogor
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022