Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bertemu Menteri Luar Negeri Bosnia Herzegovina Bisera Turkovic untuk membicarakan kerja sama di bidang keagamaan, ekonomi hingga pariwisata.

"Dalam kunjungan ini, Ibu Menteri Luar Negeri Bisera Turkovic mengharapkan agar hubungan nilai keagamaan sesama penduduk mayoritas Muslim di masing-masing negara terus meningkat di berbagai bidang lainnya," kata Wakil Menlu RI Mahendra Siregar di kediaman resmi Wapres di Jakarta, Senin.

Menurut Mahendra, Menlu Bisera berharap ada peningkatan hubungan ekonomi, perdagangan, pariwisata, hubungan para pelajar, para cendekia, bisnis, perdagangan, investasi, dan produksi bersama dengan memanfaatkan pasar kedua negara.

"Saat berdiri dan merdekanya Bosnia-Herzegovina, Indonesia selalu hadir mengakui kemerdekaannya dan mengirim pasukan perdamaian. Indonesia juga membangun masjid persahabatan di Sarajevo yakni Masjid Istiqlal.  Ibu Menlu menyampaikan masjid itu dicintai, disenangi, terutama  kaum muda karena keindahannya dan nilai historisnya," ungkap Mahendra.

Atas pernyataan Menlu Bisera tersebut, Wapres Ma'ruf menyambut gembira beberapa langkah yang sudah dibangun dan ingin adanya penguatan hubungan kedua negara dalam waktu dekat.

"Termasuk dalam meningkatkan hubungan di industri strategis, produk-produk halal, sertifikasi, dan kerja sama yang lebih menyeluruh untuk ekspor Indonesia maupun membuka pasar produk Indonesia di Bosnia yang merupakan lokasi strategis di sebelah kawasan Uni Eropa sehingga bisa membentuk satu produksi bersama," tambah Mahendra.


Baca juga: Dubes Bosnia-Bupati Bogor bahas kerja sama
Baca juga: Pengusaha Bosnia Jajaki Kerja Sama Di Bogor




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres Ma'ruf Amin temui Menlu Bosnia Bisera Turkovic

Pewarta: Desca Lidya Natalia

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022