Tuan rumah meloloskan dua nomor ke final Indonesia Masters 2022 setelah langkah dua wakil lainnya terhenti pada babak semifinal turnamen level Super 500 itu di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

Dua wakil Indonesia yang akan berlaga pada partai puncak Minggu adalah ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Apriyani/Fadia melaju ke final pertamanya dalam Indonesia Masters setelah susah payah mengandaskan unggulan kedelapan asal Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan 21-23, 21-14, 21-14 dalam waktu satu jam 14 menit.

Final besok akan menjadi final perdana bagi Apriyani/Fadia dalam turnamen super series BWF sejak kedua pemain pertama kali dipasangkan Februari lalu dan melakukan debutnya dengan langsung meraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam, Mei.

Baca juga: Apriyani/Fadia melangkah ke final Indonesia Masters 2022

Fajar/Rian menjadi satu-satunya ganda putra  Indonesia yang melenggang ke final usai membungkam pasangan China He Ji Ting/Zhou Hao Dong 21-17, 21-17 pada partai penutup Sabtu malam ini.

Sementara itu, langkah ganda putra nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo terhenti pada babak empat besar setelah takluk kepada pasangan peringkat ke-424 dunia Liang Wei Keng/Wang Chang 17-21, 10-21.

Kekalahan juga dialami tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting. Dia gagal mengulang pencapaiannya menjuarai Indonesia Masters edisi dua tahun lalu setelah ditumbangkan 15-21, 15-21 oleh tunggal putra nomor satu dunia asal Denmark Viktor Axelsen.

Baca juga: Peluang Ginting perbaiki rekor lawan Axelsen di semifinal Indonesia Masters

Hasil itu menjadi kekalahan kelima berturut-turut Anthony atas Axelsen yang kini memegang kendali 7-4 atas tunggal putra Indonesia peringkat keenam dunia itu.

Sementara puluhan penonton memadati area teras depan Istora Senayan Jakarta, Sabtu untuk menyaksikan aksi jagoan bulu tangkis di babak semifinal Indonesia Masters 2022 via layar lebar yang sengaja dipasang oleh panitia.

Penonton punya sejumlah alasan memilih menyaksikan pertandingan turnamen berlevel BWF Super 500 ini via layar lebar daripada duduk masuk ke dalam tribun Istora Senayan.

Baca juga: Fajar/Rian singkirkan peraih medali emas Olimpiade di Indonesia Masters 2022

"Saya begitu tahu ada monitor di luar ya saya pilih di sini saja, soalnya kalau di dalam pasti ramai. Di sini juga outdoor lebih segar suasananya. Biar anak-anak saja yang di dalam," kata Waluyo, seorang pengunjung asal Ciledug, Tangerang saat ditemui ANTARA.

Waluyo datang ke Istora Senayan bersama dengan kedua anaknya. Meski sudah memiliki tiket, namun ia merasa lebih nyaman jika menonton di luar ruangan karena tidak terlalu berisik dan bisa sambil menyantap makanan ringan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hasil Indonesia Masters 2022: Dua wakil tuan rumah ke final

Pewarta: Shofi Ayudiana

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022