Wales menahan imbang Belgia 1-1 untuk merebut poin pertamanya di Nations League musim ini setelah Brennan Johnson mencetak gol penyama kedudukan pada menit-menit akhir dalam pertandingan di Cardiff pada Sabtu malam waktu setempat.

Hasil imbang ini tak menggoyahkan Wales sebagai juru kunci klasemen grup, sedangkan Belgia menempati urutan kedua atau tiga poin di bawah Belanda yang juga bermain seri melawan Polandia.

Wales menciptakan gol melalui  Ethan Ampadu pada menit kelima setelah melepaskan tendangan setengah voli yang masuk lewat sudut atas gawang Belgia. Namun kegembiraa itu terhenti setelah VAR menganulirnya karena dianggap offside sebelum gol tercipta.

Belgia mendominasi penguasaan bola sepanjang babak pertama tetapi Wales yang justru menciptakan peluang lebih baik di mana Gareth Bale dan Connor Roberts sama-sama hampir mencetak gol kalau saja tendangan mereka tak melambung di atas mistar gawang.

Namun, lima menit memasuki babak kedua Belgia memecahkan kebuntuan ketika sebuah umpan licin di sebelah kanan mengarah kepada Michy Batshuayi yang dengan sabar mengolah bola di dalam kotak penalti lawan sebelum Tielemans tiba dan mengarahkan tembakannya ke sudut bawah gawang Wales.

Wales kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-86 ketika gerakan kaki yang ciamik dari Aaron Ramsey membuat dia bisa mendapati Johnson yang sesama pengganti untuk mencetak gol dengan penuh percaya diri.

Hakim garis sempat menyatakan gol ini offside tapi setelah menunggu lama VAR akhirnya mensahkan gol tim tuan rumah ini, demikian Reuters.

Sebelumnya, Wales dikalahkan tuan rumah Polandia 1-2 pada laga awal di Nations League pada  Rabu (1/6) waktu setempat.

Pada pertandingan tersebut, Wales unggul lebih dulu melalui tendangan Jonny Williams dari luar area penalti lawanpada menit ke-52. 

Polandia kemudian menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Jacob Kaminski pada 20 menit kemudian.

Kemenangan Polandia dipastikan setelah pemain pengganti Karol Swiderski mencetak gol lima menit sebelum laga usai.

Pada laga tersebut, Wales mengistirahatkan Gareth Bale, Ben Davies dan Aaron Ramsey karena tengah memfokuskan perhatian kepada upaya memburu tiket putaran final Piala Dunia pertama mereka sejak Piala Dunia 1958 di Swedia.



Baca juga: Wales akhiri penantian Ukraina selama 64 tahun ke Piala Dunia
Baca juga: Polandia berbalik menang 2-1 lawan Wales di Nations League





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Johnson hindarkan Wales dari kekalahan lawan Belgia

Pewarta: Jafar M Sidik

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022