Depok (Antara Megapolitan) - Ketua Indonesia Dietetic Association (IDA) Martalena Purba mengatakan aspek nutrisi dan gizi sangat penting bukan hanya untuk kelangsungan hidup tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Gizi sangat berperan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Adapun zat gizi yang diperlukan terdiri dari zat gizi makro seperti enegri dan protein dan lemak serta zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral," kata Martalena dalam acara Seminar Nurisi Pangan dan Gizi dengan tajuk "Membangun Generasi Sehat dan Berprestasi Dengan Asupan Gizi Sehat dan Seimbang" di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Kamis.

Ia mengatakan melalui gizi yang seimbang akan mampu mempertahankan berat badan normal dan meningkatkan kemampuan tubuh melawan penyakit seperti infeksi.

"Asupan gizi yang seimbang juga dapat mencegah terjadinya obesitas dan komorbiditas, menjaga proses tumbuh kembang normal dan menjaga kualitas hidup optimal," kata Martalena dalam Seminar yang diprakarsai oleh Majalah TROBOS ini.

Kebutuhan gizi harian tiap orang berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, aktivitas harian dan juga faktor penyakit yang diderita. Untuk itu edukasi yang berkesinambungan akan pentingnya pemenuhan gizi yang seimbang ini sangat penting.

Dikatakannya berbagai lapisan masyarakat seperti Kader PKK, Kader Posyandu, Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, Dosen bisa menjadi motor penggerak dalam upaya edukasi konsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang.

Untuk itu katanya perlu memaksimalkan perannya dalam menerapkan kosnep gizi seimbang sangat diperlukan sehingga tercipta pemahaman yang utuh dengan tujuan akhir terciptanya kesadaran dalam meningkatkan generasi yang sehat dan cerdas.

Sedangkan Ketua Asosiasi Perhimpunan Industri Peternakan Ayam Ras (PINTAR Lampung) Agus Wahyudi mengatakan produk unggas berupa daging ayam dan telur merupakan solusi pemenuhan gizi protein hewani bagi masyarakat.

"Daging ayam dan telur mudah diperoleh dimanapun, gampang diolah untuk makanan apapun, harganya relatif terjangkau dan mempunyai kandungan protein yang baik bagi tubuh," kata Agus Wahyudi.

Sementara itu Global Director for Food, Nutrition and Health Engagement Monsanto, Dr. Milton Stokes mendukung berbagai upaya untuk meningkatkan konsumsi makanan bergizi masyarakat Indonesia.

"Edukasi seperti ini harus terus dilakukan agar kesadaran akan pentingnya makanan dengan gizi yang seimbang bisa meningkat," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016