Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan meresmikan Sekolah Sehat Aman dan Hebat (Sahabat) atas gagasan Palang Merah Indonesia melalui donasi sektor swasta yang berlangsung di SMP IT Nurul Ilmi, Desa Sindangmulya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi.

"Para siswa akan memiliki kesadaran untuk membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Ini merupakan inovasi yang sangat bagus, dimana dunia usaha membantu sekolah menyiapkan sarana-sarana kesehatan sehingga anak-anak kita bisa sehat, aman, dan hebat," katanya saat peresmian, Jumat.

Ia mengatakan program edukasi kesehatan, kebencanaan, serta bantuan pembangunan fisik sekolah ini sejalan dengan tujuan dan kebutuhan di sektor pendidikan yakni pembangunan manusia melalui infrastruktur yang memadai dalam bidang kesehatan.

Baca juga: 99 ASN Pemkot Bekasi ikut donor darah PMI
Baca juga: Relawan PMI Kota Bekasi lakukan evakuasi pasien COVID-19 dari kepungan banjir

Bupati meminta SMP IT Nurul Ilmi Cibarusah mampu menjadi rujukan maupun stimulus sekolah lain untuk menciptakan sekolah yang sehat, aman, hebat mengingat program Sahabat ini baru pertama kali ada di wilayahnya.

"Masih ada 800 sekolah lain di Kabupaten Bekasi, jadi kalau hanya satu atau dua nampaknya kurang. Sehingga baik dari dunia usaha maupun industri diharapkan dapat membantu program seperti ini, jadi nanti seluruh sekolah di Kabupaten Bekasi bisa sehat, aman, dan hebat," katanya.

Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Bekasi Akhmad Kosasih mengatakan program ini terwujud berkat bantuan Indomaret yang bersifat infrastruktur untuk menunjang Sekolah Sehat, Aman dan Hebat (Sahabat) antara lain pembangunan sanitasi, penyediaan air, dan rehabilitasi ruang UKS.

"Jadi program ini juga ternyata membawa dampak kepada pihak sekolah untuk turut serta melakukan berbagai perbaikan yang menunjang program tersebut," ucapnya.

Baca juga: PMI Kota Bekasi gelar vaksinasi di atas 18 tahun

Ia menyebutkan bahwa donasi pihak swasta pada program ini adalah sebesar Rp165 juta yang mencakup sejumlah peralatan dan fasilitas kesehatan, keselamatan, dan penunjang lainnya.

PMI Kabupaten Bekasi juga merangkul sejumlah pihak yang ingin ikut serta memberikan kontribusi melalui bantuan lain agar program ini dapat berjalan optimal. "Kami membuka seluas-luasnya kepada siapapun yang ingin berkontribusi mewujudkan program sekolah Sahabat," demikian Akhmad Kosasih.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022