Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama pihak kepolisian setempat masih menemukan harga minyak goreng curah yang dijual di atas harga eceran tertinggi (HET) di pasaran.

"Sesuai dengan hasil pengecekan di lapangan, stok minyak goreng curah aman. Tetapi dijual dengan harga di atas HET," kata bupati usai mengecek stok dan harga minyak goreng curah di sejumlah pasar tradisional di Purwakarta, Jumat.

Ia mengatakan, dari hasil inspeksi mendadak di Pasar Rebo dan agen Kartika yang berada di Kelurahan Cipaisan, Purwakarta, stok minyak goreng di Purwakarta melimpah. Namun dijual di atas HET.

Baca juga: Bupati Purwakarta pastikan stok minyak goreng cukup

Menurut dia, ditemukan rantai harga yang menyebabkan harga minyak goreng curah yang tidak sesuai HET.

"Setelah kita cek mayoritas pedagang di Pasar Rebo menjual minyak goreng curah di harga Rp16.500 per liter hingga Rp20 ribu per liter. Namun ada satu kios namanya Toko MW di pasar rebo yang sudah menjual sesuai dengan HET, sebesar Rp14 ribu," katanya.

Bupati mengatakan, ke depan pihaknya bersama Ikatan Warga Pasar (IWAPA) Pasar Rebo dan pedagang yang lainnya harus menjual minyak goreng curah ini sesuai HET yang ditetapkan pemerintah.

Baca juga: Pemkab Purwakarta sediakan 7.000 liter minyak goreng Rp18.000 per liter

"Bagi para distributor, agen, dan pengecer atau pedagang agar tetap menjual tidak melebihi HET, yakni Rp14 ribu atau Rp15.500 per liter," kata dia.

Nantinya para pedagang di pasar tradisional di wilayah Purwakarta akan di suplay langsung dari pabrik.

"Jadi tidak lagi pedagang mencari minyak goreng ke agen-agen tapi dari pabrik bakal menyuplai langsung ke pasar-pasar tradisional di Purwakarta. Jadi alur distribusinya seperti itu, pedagang di pasar tradisional ini di suplay bukan mencari ke agen-agen," kata dia.

Baca juga: Pemkab Purwakarta akan sanksi tegas spekulan mainkan harga dan timbun minyak goreng

Ia menegaskan, jika ada yang mengganggu jalur distribusi tersebut, pemkab bersama Polres Purwakarta akan menindak tegas.

Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto mengatakan jika nanti harga minyak goreng curah masih di atas HET, maka akan dilakukan tindakan preventif sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022