Lembaga Kemanusiaan Human Intitiative bersama relawan melakukan respons awal di wilayah yang terdampak banjir di Kota Semarang dan Kabupaten Demak dengan melakukan assessment awal dan evakuasi warga di Kawasan Pelabuhan Tanjung Mas serta evakuasi warga Desa Sriwulan, Sayung, Demak.

Respons berlanjut pada Selasa (24/05) dengan berbagi 500 box makanan siap saji untuk Warga Desa Sriwulan dana juga memberikan air bersih.

Kepala Bidang program Human Initiative M. Subhanudin Nasrullah dalam keterangannya, Kamis menyampaikan terima kasih atas kepedulian para donatur untuk respons awal ini dan harapannya bisa menyediakan kebutuhan mendesak lainnya secara luas di wilayah terdampak banjir rob.

Ia pun berharap kepada Sahabat Inisiator, untuk berdonasi membantu korban banjir rob yang melanda kota Semarang dan sekitarnya melalui solusipeduli.org. 

"Semoga kejadian ini dapat segera berlalu sehingga warga dapat beraktivitas seperti sedia kala," kata Subhanudin. 

Baca juga: Human Initiative rayakan kepedulian bersama dalam momentum yang fitri
Baca juga: Human Initiative memberi edukasi masyarakat siap siaga bencana

Pemadaman listrik sejak Senin membuat aktivitas warga terganggu, sehingga warga tidak dapat memasak dan pasokan air bersih amat terbatas. Kebutuhan mendesak warga berupa makanan siap saji dan air bersih. 

Rencana aksi selanjutnya, Human Initiative akan menyediakan makanan siap saji dan dropping air bersih untuk warga terdampak banjir rob di Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, Demak.

Sekretaris Desa Sriwulan Ridho mengucapkan terima kasih atas respon Human Initiative. Ridho juga berharap bantuan untuk hari-hari selanjutnya berupa  air bersih dan logistik makanan. Ridho menyampaikan saat ini ada tiga dapur umum yang mencukupi kebutuhan sekitar 10.000 warga yang terdampak.
 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022