PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban (UIP2B) Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) melakukan pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) PWI Kota Depok Jawa Barat untuk pembuatan Warung Ngopi PWI dan Pelatihan Barista.

Assistant Manager (Asman) Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dan komunikasi PLN UIP2B JAMALI, Elvira Rosalina, Rabu mengatakan melihat kondisi perekonomian di masa pandemi Covid-19 dan era digitalisasi, PT PLN (Persero) UIP2B JAMALI bersama dengan PWI bantu UMKM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Sebagai bentuk rasa tanggung jawab dan kepedulian perusahaan terhadap perekonomian masyarakat, PLN UIP2B JAMALI memberikan bantuan kepada UMKM Warung Kopi yang dibina oleh PWI selama ini sudah berjalan sejak tahun 2012. Kondisi Warung Kopi saat ini sebatas warung sederhana yang terbuat dari triplek sebagai pondasi bangunannya," katanya.

Baca juga: PLN Bekasi dukung program Super Electrilife dan Super Hemat UMKM
Baca juga: Kemkominfo kembali buka pelatihan bagi 100 pelaku UMKM Depok

Melihat kondisi Warung Kopi saati ini, PLN UIP2B JAMALI memberikan bantuan berupa modernisasi alat seperti, gerobak listrik, mesin pembuat kopi, dan alat lain yang digunakan untuk kemudahan pengguna dalam memproduksi.

Selain modernisasi alat, PLN UIP2B JAMALI juga melihat bahwa dari sisi kemampuan dan pengetahuan dalam meracik kopi harus ditingkatkan. "Karena hal tersebut maka PLN UIP2B JAMALI memberikan pelatihan kepada percaik kopi atau yang sering disebut barista dengan harapan agar dapat memproduksi kopi dengan banyak varian dan keunikan," terang Elvira.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum di PLN UIP2B JAMALI, Sindu Prastowo menjelaskan, secara konsisten memberikan dukungan terhadap potensi kemandirian ekonomi melalui program UMKM yang berkembang untuk terciptanya pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

"Tentunya kami dalam hal ini sangat mendukung UMKM Warung Kopi dengan harapan akan berkembang dan memiliki cabang sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang luas," tegasnya.

Baca juga: Disperindag Depok fasilitasi 50 pelaku IKM dapatkan HKI

Ketua PWI Kota Depok Rusdy Nurdiansyah mengatakan kemitraan yang positif dan mungkin yang pertama di Indonesia, perhatian yang cukup besar terhadap wartawan di PWI dari instansi atau perusahaan, dalam hal ini kepedulian PLN UIP2B JAMALI menjalin kemitraan yang positif dengan para wartawan di PWI Kota Depok.

Pelaksanaan Pelatihan Barista untuk kalangan wartawan PWI Kota Depok berlangsung selama dua hari pada Senin-Selasa 23-24 Mei 2022, pukul 10.00 WIB-16.00 WIB.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022