Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, berdasarkan data makro Badan Pusat Statistik (BPS) indeks pendidikan di Kota Sukabumi, Jawa Barat pada 2021 mencapai 70,42 persen atau naik dari tahun sebelumnya yakni 2020 di angka 69,38 persen.

"Berdasarkan data tersebut indeks pendidikan Kota Sukabumi berada di peringkat enam Jabar setelah Kota Bogor," katanya di Sukabumi pada, Senin, (23/5).

Menurut Fahmi, berdasarkan data BPS untuk angka partisipasi murni (APM) tingkat SD sebesar 97,99 persen, SMP 83,17 persen dan SMA 70,61 persen. Melihat data tersebut Pemkot Sukabumi masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup berat dalam meningkatkan APM untuk tingkat SMP dan SMA.

Baca juga: Nadiem Makarim dinilai membawa semangat perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia
Baca juga: Pelatihan kewirausahaan bagi lulusan SMK untuk tekan pengangguran

Berbagai upaya dilakukan pihaknya untuk meningkatkan APM SMP dan SMA seperti dengan memberikan beasiswa dan program lainnya agar setiap anak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya dan mengurangi angka putus sekolah.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas dan angka partisipasi pendidikan juga merupakan tanggung jawab dari semua pihak tidak hanya pemerintah saja seperti mulai dari anak, orang tua, guru, sekolah maupun lembaga lainnya.

"Pemkot Sukabumi berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat salah satunya melalui peningkatan program satu kelurahan satu sarjana yang menjadi satu kelurahan dua sarjana pada tahun ini," tambahnya.

Baca juga: Sukabumi tetap berlakukan PTM 100 persen meski berstatus PPKM level 2

Di sisi lain, orang nomor satu di Kota Sukabumi ini mengimbau kepada pihak sekolah maupun pelajar untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti tetap tertib mengikuti peraturan penggunaan masker sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan karena pandemi COVID-19 belum berakhir dan antisipasi penyebaran Hepatitis Akut terhadap pelajar.

Berdasarkan data yang dihimpun dari BPS, untuk daerah yang indeks pendidikannya tertinggi di Jabar pada 2021 pertama adalah Depok sebesar 76,89 persen, peringkat kedua Kota Bekasi di 76,87 persen, selanjutnya Kota Bandung 76,11 persen,

Disusul Kota Cimahi, 75,29 persen, kemudian Kota Bogor 72,38 persen dan Kota Sukabumi 70,42 persen. Sementara untuk Kabupaten Sukabumi berada di posisi ke-25 dari 28 kota/kabupaten di Jabar yakni di angka 57,67 persen dan posisi terakhir Indramayu di angka 55,79 persen. Data indeks pendidikan ini dilihat di alamat website https://jabar.bps.go.id/indicator/26/121/1/indeks-pendidikan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022