Bogor (Antara Megapolitan) - Komandan Lanud Atang Sendjaja, Marsma TNI Hari Budianto mengatakan, TNI khususnya TNI Angkatan Udara telah berkomitmen untuk menyukseskan program pemerintah yaitu membangun ketahanan pangan nasional.

"Komitmen ini harus didukung dengan karya nyata, oleh seluruh jajaran TNI dimanapun berada dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh TNI baik Sumber Daya Manusia, lahan maupun peralatan yang dapat digunakan untuk mendukung program tersebut," kata Hari Budianto di Bogor, Minggu.

Danlanud Atang Sendjaja Marsma TNI Hari Budianto bersama PT Agricon yang bergerak di bidang pestisida dan hortikultura serta masyarakat pengarap dan anggota Lanud Atang Sendjaja telah melaksanakan penen raya jagung di sekitar ujung runway 20 Lanud Atang Sendjaja, Jumat (29/1).

Ia menjelaskan panen raya jagung ini sebagai salah satu wujud komitmen TNI AU, dalam hal ini Lanud Atang Sendjaja dalam rangka mewujudkan swasembada pangan.

"Panen raya jagung ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat penggarap di sekitar Lanud Ats, dan juga personel Lanud Atang Sendjaja," harapnya.

Sementara itu, Direktur PT Agricon, Herlan Bingardi sebagai supervisor penanaman jagung di Lanud Atang Sendjaja, menatakan, di samping hasil jagung tersebut bisa dimanfaatkan untuk komsumsi masyarakat juga dapat digunakan untuk pakan ternak dengan metode produksi pakan ternak fermentasi (silase).

Ia menjelaskan pula bahwa jagung dengan usia tanam tiga bulan sudah dapat dipanen dengan memotong 30 cm dari batang bawah.

Setelah itu dicacah/digiling mengunakan mesin khusus, hasil serbuk jagung tersebut dimasukan dalam kantong-kantong plastik menunggu hasil fermentasi sekitar tiga minggu, dan siap untuk komsumsi pakan ternak sapi dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Sebelumnya, Komandan Lanud Atang Sendjaja, Marsma TNI Hari Budianto bersama bersama pimpinan PT Agricon yang bergerak dalam bidang pestisida dan hortikultura, serta masyarakat pengarap dan anggota Lanud Atang Sendjaja, melaksanakan penen raya jagung di sekitar ujung runway 20 Lanud Atang Sendjaja.

Kegiatan tersebut diawali penebang/penen jagung oleh Komandan Lanud Atang Sendjaja, Marsma TNI Hari Budianto beserta Ny. Hari Budianto, diikuti Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf Fulad, para Pejabat Lanud Atang Sendjaja, Direktur PT Agricon Herlan Bingardi, Keluarga Besar Bogor Sahabat, serta masyarakat pengarap.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016