Karawang (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan mengembangkan budidaya rumput laut.

"Kita akan lebih fokus mengembangkan budidaya rumput laut di wilayah pesisir utara Karawang," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan setempat Hendro Subroto, di Karawang, Selasa.

Ia mengakui selama ini budidaya rumput laut di daerahnya belum terlalu diperhatikan. Mulai tahun ini pihaknya akan berusaha mengembangkan budidaya tersebut.

Bahkan Dinas Kelautan dan Perikanan Karawang akan meminta pemerintah pusat mengucurkan bantuan untuk mengembangkan potensi budidaya rumput laut.

"Saat ini hanya sebagian kecil masyarakat pesisir utara yang melakukan budidaya rumput laut. Ke depannya diharapkan agar semakin banyak masyarakat yang melakukan budidaya rumput laut," kata dia.

Rencananya pengembangan budidaya rumput laut diarahkan untuk dilakukan di tambak-tambak ikan air payau. Dengan begitu, masyarakat bisa panen ikan serta rumput laut di areal tambaknya.

"Jadi masyarakat tidak hanya memanen ikan di areal tambaknya, tetapi juga bisa memanen rumput laut. Lebih bagus lagi, panen rumput laut bisa dilakukan dua kali setiap empat sampai lima bulan," kata dia.

Dengan begitu, masyarakat bisa menambah penghasilan atau memiliki usaha baru, yakni mereka tidak hanya melakukan budidaya ikan. Tetapi juga bisa melakukan budidaya rumput laut.

"Paling tidak, dengan mengembangkan budidaya rumput laut itu bisa menambah penghasilan mereka," kata Hendro.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016